Panggung Sandiwara
January 25, 2016
Penyesalan Seumur Hidup
January 25, 2016

Pelaut Tua

Pelaut Tua

Oleh: Heng-Heng

Hidup kita ini laksana menyeberangi lautan yang besar. Dalam perjalanan tidak luput ditimpa hujan, angin dan badai. Bagi seorang pelaut tua yang sudah berpengalaman, dia akan tahu apa saja yang akan dihadapinya, meskipun itu ombak yang tinggi, angin yang kencang ataupun hujan angin yang menakutkan, dia akan tetap tenang, tidak gusar dan tidak gugup, melainkan erat memegang kemudi kapal sehingga dapat lolos dari malapetaka.

Seorang pelaut yang belum pernah menghadapi hujan angin yang dahsyat, biarpun ceritanya indah dan masuk akal semua, tetapi tetap bukan pelaut yang meyakinkan.

Pelaut yang pernah mengalami banyak derita dan selalu keluar dari maut, mau tidak mau mereka menjadi lebih banyak pengertian dan wawasan, keberanian lebih besar, dan batin lebih tenang, karena mereka lebih mengetahui sifat-sifat ombak laut dan hujan angin, bahkan sangat tahu keuletan dan kekuatan kapalnya.

Seorang yang tidak teguh memegang kemudi, biasanya karena kurang pengetahuan, dangkal pengalaman dan didikan yang minim, tetapi yang lebih penting karena mereka tidak memiliki kepercayaan yang teguh, tidak memiliki rasa percaya diri, kurang tenang dan kurang berani. Seperti rumput yang tumbuh diatas dinding, maka begitu terkena sedikit goncangan sudah tampak kelemahannya dan bimbang.

Bagi seorang yang Siu Tao ( ), hal diatas tentu banyak hikmahnya, hanya yang ulet dan tebal kepercayaannya yang tidak akan goncang dalam situasi apapun dan akan selamat mencapai suatu kesuksesan.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =