Percaya Diri dan Percaya Dewa
January 25, 2016
Rumput Tidak Berakar
January 25, 2016

Problem

Problem

Oleh: Cin Hui

Masalah!

Siapa yang tidak pernah mengalaminya? Setiap orang setiap hari bergelut dengan masalah. Baik pekerjaan, cinta, uang, teman, dsb masih banyak lagi. Setiap hari datang silih berganti. Selesai satu datang lagi, malah belum selesai sudah datang lagi.

Bagaimana sikap kita? Melarikan diri? Pasrah? Cuek? Atau dipikir dan di coba selesaikan.

Mudah-mudahan sih, tidak melarikan diri, seperti lagu dalam lagu “Wang Ching Sui”-nya Andi Lau, “Mabuk!! Beri saya segelas lagi biarpun mabuk yang penting tidak keluar air mata.”

Apakah begitu?

Atau pasrah menyerah pada masalah. Menyesali mengapa begini dan mengapa begitu? Atau acuh tidak acuh dan tidak mau tahu?

Sebagai seorang Taoyu ( ), tentunya kita diharapkan tidak seperti itu, karena kita selalu dianjurkan untuk Wu!

Bukan menghakimi, tetapi hal diatas adalah tindakan seorang pengecut. Sebab ukuran keberanian seseorang bukan dari dia hebat berkelahi atau sanggup melakukan hal-hal nekat dan bodoh seperti “Terjun bebas dari gedung bertingkat tanpa menggunakan tali”, akan tetapi “lebih” diukur dari keberanian seseorang menghadapi kenyataan hidup ini. Apakah Setuju?

Bagi yang tidak setuju, mungkin punya pikiran / pertanyaan: apa sih susahnya hidup? Paling makan 3 kali sehari, kalau tidak punya uang maka 1 kali sehari / sepiring berdua? Punya rumah? Pekerjaan? Main / have fun? Apakah hidup hanya sebatas itu?

Bagi yang setuju pasti akan mengambil pilihan “Dipikir dan dicoba selesaikan”.

Tetapi kadang masalah yang datang itu sangat sulit seperti benang super kusut. Meskipun sudah dipikir sampai botak, ataupun sampai rambut memutih dan keriting juga belum selesai.

Wah kacau! Jika tidak selesai-selesai lalu bagaimana? Apakah terus menyerah? Tentunya seorang Taoyu ( ) tidak akan segampang itu menyerah? Mental tempe dong! Kalau tempe sungguhan maka masih berguna dan bergizi, tetapi mental tempe tidak ada manfaatnya sama sekali. Lalu bagaimana?

Belajar Tao, kita boleh berbangga hati sedikit. Tetapi jangan terlalu banyak karena nanti kita akan besar kepala dan tidak muat kalau memakai topi. He…He….he….

Berlatih Jing Zuo [Cing Co] salah satu manfaatnya adalah dapat menenangkan pikiran kita selain juga dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi serta daya pikir kita. Jadi jangan menyerah, dipikir terus sampai kita dapatkan jawabannya.

Jika sudah dapat, niscaya keesokan hari masalah tersebut dapat dihadapi dengan mudah.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − nine =