Tutur Kata dan Perilaku adalah Cermin Diri

Tao Yang Praktis
January 25, 2016
Uang
January 25, 2016

Tutur Kata dan Perilaku adalah Cermin Diri

Tutur Kata dan Perilaku adalah Cermin Diri

Oleh: Lie Ping Sen

Orang yang SiuTao ( ), intinya adalah merevisi fisik dan mental, maka dalam perkembangannya, ada satu ukuran yang bisa dilihat dengan jelas, apakah orang tersebut sudah ada kemajuan di dalam proses SiuTao-nya, yaitu melalui tutur kata dan perilaku sehari-hari.

Tutur kata dan perilaku adalah cermin diri seseorang. Dari tutur kata dan perilaku, kita bisa menilai seberapa tinggi moralitas orang tersebut.

Ada orang-orang tertentu, tutur katanya menebarkan bau busuk pada orang sekelilingnya, selalu menimbulkan masalah dan menyakiti hati orang sekitarnya, orang yang demikian, mana mungkin Tao-nya tinggi. Orang demikian, tutur katanya menimbulkan perpecahan, mengadu domba, memanaskan suasana, memperuncing masalah, dan menimbulkan kekacauan.

Seharusnya, sebagai orang yang SiuTao ( ), yang mengutamakan moralitas yang tinggi, tutur kata kita seharusnya dapat menebarkan kesejukan dan keharuman bagi sekitar kita. Orang yang Tao-nya tinggi, tutur katanya memberikan kedamaian, tutur katanya memberikan solusi bagi permasalahan yang ada. Tutur katanya mententramkan batin, memberikan wawasan yang lebih luas, membuat setiap orang ikut merasakan ketinggian budinya.

Perilaku orang SiuTao ( ), haruslah sesuai dengan hati nuraninya. Apa yang ada dalam hati, sesuai dengan apa yang diucapkan, juga sesuai dengan apa yang dilakukan. Dengan begitu, menunjukkan keluhuran dan moralitas yang tinggi.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =