Dewa Tao : Dewa Chang Tao Ling / Chang Dien she

EBA: Membuat Mac and Chesse (16 Oktober 2016)
October 17, 2016
Tentang Tao : Jalan Manusia by Lie Ping Shen
October 20, 2016

Dewa Tao : Dewa Chang Tao Ling / Chang Dien she

Sumber : Mitos dan Legenda Dewa Klenteng


Dewa Chang Dien She atau Tho Thian Shu

Gelar / Sebutan : Chang Dien She atau Guru dari Sorga

Sebutan Umum : Thian Shu Ya

Nama Asli            : Chang Tao Ling atau Thio Too Ling

Jaman                   : Dinasty Han

Hari Kebesaran : tgl 23 . 6 Imlek

Lahir tahun         : 35 Masehi

Nama Ayah         : Chang Liang, ahli strategi perang jama dynasty Han

Propinsi                : Shi Chiang

Berada di             : Dien Mu San

Riwayat Singkat :

Chang Tao Ling pada usia 7 tahun sudah berhasil memahami Kitab Suci Tao Tek Ching ciptaan dari Dai Sang Law Cin. Beberapa kali beliau menolak panggilan pihak pemerintah untuk dijadikan pegawai negeri. Seluruh perhatiannya tercurah pada pelajaran Kedewaan TAO dan pekerjaan sehari harinya adalah bersemedi.

Kemudian setelah dewasa beliau bertapa di pegunungan HE MING SAN, propinsi She Chuan, Tiongkok Barat Daya, sambil mempelajari cara membuat obat panjang usia. Pada suatu hari sewaktu beliau membuat pil panjang umur bernama LONG HU TAN ada dewa menampakkan diri dan memerintahkan pergi ke gunung SONG SAN di propinsi Hainan. Dan di Song san disalah satu goa beliau menemukan kitab suci kuno peninggalan SAN HWANG (Tiga Kaisar) dan Pedupaan peninggalan kaisar HWANG TI. Setelah bertahun tahun mempelajari isi kitab suci kuno itu beliau memiliki kesaktian yang luar biasa, dapat terbang, pendengaran gaib menembus ribuan kilometer, pandangan gaib dapat melihat ribuan kilometer, dan dapat meninggalkan raganya.

Setelah itu beliau lalu menuaikan tugas yang diperintahkan oleh DAI SANG LAW CIN melalui utusannya untuk membasmi Siluman siluman yang jahat dan malaikat yang membangkang. Lalu kembali Dai Sang Law Cin memerintahkan beliau melalui utusannya untuk pergi ke gunung Cing Cheng San (Jing Shia San) untuk menaklukkan 6 Raja Siluman yang jahat yang suka meneror rakyat dan beliau dibekali berbagai jimat mustika sakti. Para siluman jahat berhasil ditundukkan dan diusir pergi dan setelah itu rakyat tenteram dan damai. Atas jasa jasa yang besar itu maka beliau diberi gelar Dien Shen atau Guru dari Sorga, sehingga terkenal dengan nama Chang Dien She. Kemudian oleh mahadewa Dai Sang Law Cin diangkat naik ke sorga dan menjabat sebagai penjaga pintu sorga yang menerima para dewa dewa yang akan menghadap MAHADEWA, selain itu beliau juga bertugas mengawasi upacara upacara sembahyang yang dilakukan saat pendirian dan pemugara Klenteng.

Chang Dien She adalah DEWA GURU BESAR AGAMA TAO TERAKHIR, keahliannya membuat obat panjang usia dari buku buku kuno, menciptakan bermacam macam jimat seperti “HU” atau tulisan gaib, “CIEN” adalah pedang kayu sakti pengusir roh jahat, “IN” atau stempel DEWA yang dapat digunakan untuk menolak ilmu sesat, malapetaka, dan macam macam bahaya yang akan menimpa. Hal tersebutlah yang membuat CHANG TAO LING ditempat pada kedudukan yang tinggi dan sejak itulah pengikut TAO dimulai dengan ilmu ilmu pengobatan, pengusiran setan, semedi, ilmu2 kesaktian, dan ajaran agama TAO.

Chang Dien She dilukiskan dengan jubah hitam bergambar emas yang indah, membawa pedang ditangan kanan, sedangkan tangan kirinya membawa stempel DEWA, atau mangkok yang berisi ramuan panjang umur, menunggang harimau yang kaki kanan depannya mencengkeram medali wasiat, adapun kaki lainnya menginjak 5 macam binatang beracun seperti kadal, laba-laba, kodok, belalang, dan ular.

Gambar beliau umumnya pada tanggal imlek 15 – 5 ditempelkan dipintu depan atau dinding depan untuk menolak bencana dan wabah penyakit.

Nama Dien She kemudian diturunkan secara turun menurun kepada penerus Agama TAO yang menempati gunung LONG HU SAN dipropinsi CIANG SHI mulai thn 1000 Masehi sampai sekarang.

Ayo para Tao Yu Tao Yu semoga kita lebih mengerti dan mencerna dari cerita diatas.

Xie Shen En..

Please Share Us :