Dewi Tao : Dien Sang Sen Mu / Dien Hou Sen Mu (天后聖母) / Ma Co Pho / Mak Co Bagian (1)

Dewa Tao : Dewa Dapur / Chaw Kun Kong / Chao Cun Kung / Dewa Api
April 13, 2016
Ciang Tao Umum : “Keuntungan Memeluk Agama Tao”
April 17, 2016

Dewi Tao : Dien Sang Sen Mu / Dien Hou Sen Mu (天后聖母) / Ma Co Pho / Mak Co Bagian (1)

Gambar : en.wikipedia.org

Sumber : Mitos dan Legenda Dewa Klenteng / Legenda Dewa Klenteng


Ta Jia Xue Tao Hao,

Kali ini Siutao.Com membahas tentang salah satu Dewa Dewi TAO yang terkenal sangat ramah membantu dan sebagai pelindung kita di dalam perjalanan kita. Semoga dengan adanya cerita Dewa Dewi Tao ini semakin giat kita sembahyang dan Siu Tao yah … J

Dien Sang Sen Mu (Dewi Pelindung diLautan)

  •          Sebutan Umum : Mak Co(媽祖)
  • Gelar                     : Dien Sang Sen Mu (Dian Shang Seng Bo)
  •                                 : Dien Hou Sen Mu (天后聖母)
  • Nama Kecil          : Lien Mek Niang (Liem Bik Nio)
  • Provinsi                : Fu Cien
  • Pulau                     : Mei Chou
  • Daerah                  : Bu Dien
  • Nama Ayah          : Lien Yuan (Lien San Ren)
  • Dinasty                 : Song Utara
  • Pemerintahan     : Dai Cu
  • Hari Lahir            : Tahun Cien Long Pertama Tgl 23 – 3 (Th 960 MAS) Lahir pada malam hari

Sebulan setelah dilahirkan beliau tidak pernah menangis lagi, itulah sebabnya beliau diberi nama MEK yang artinya DIAM. Sejak kecil beliau menunjukkan anak yang sangat cerdas, dan pada usia 7 tahun beliau masuk sekolah dan semua pelajaran yang diberikan tak pernah dilupakannya, kecuali belajar beliau tekun sembahyang pada MAHADEWA DAI SANG LAW CIN  / THAI SHANG LAO CUN. Karena bakatnya dan berjodoh, beliau diberi petunjuk jalan oleh MAHADEWA DAI SANG LAW CIN  / THAI SHANG LAO CUN untuk menjalani SIU TAO dan diberi pelajaran ilmu TAO FAK SUK yaitu ilmu KEGAIBAN. Dan beliau sangat memperhatikan penduduk desa dan sering menolong mereka yang sedang dirundung malang, maka semua orang desa menghormatinya. Selanjutnya beliau banyak menolong orang yang ditengah lautan dengan ilmu saktinya beliau dapat berjalan diatas laut dan mengusir jin jin penunggu lautan. Beliau paham ilmu falak dan ilmu ramalan cuaca, dapat mendatangkan hujan atau mengalihkan hujan. Pada usia 23 Tahun beliau berhasil menaklukkan 2 panglima siluman sakti yang memiliki kesaktian dapat melihat jauh dan mendengar jauh yaitu :

  • JIEN LI YEN dapat melihat ribuan km
  • SEN FONG OL dapat mendengar suara jauh ribuan km

Pada Usia 28 tahun yaitu tahun YONGSI ke 4 tgl 16 – 2 imlek, bersama ayahnya beliau berlayar ketengah lautan, mendadak ditengah laut kapal beliau dihantam gelombang laut, tanpa mengenal takut dan tidak menghiraukan keselamatannya sendiri beliau menolong ayahnya, tetapi akhirnya mereka berdua wafat karena perahunya tenggelam….. seketika pada pagi hari itu penduduk pulau MEI CHOU melihat awan berwarna warni, mendengar tetabuhan lagu khayangan yang merdu dari langit dan semua penduduk menyaksikan LIEN MEK NIANG perlahan lahan naik ke alam dewa menjadi DEWI DIAN SANG SEN MU pada tahun 987 MASEHI, seribu tahun yang lalu.

Lalu semua penduduk MEI CHOU dengan hati tulus membangun sebuah kelenteng pemujaan ditempat LIEN MEK NIANG diangkat ke alam dewa Klenteng MAK CO di MEI CHOU merupakan kelenteng pemujaan MAK CO yang pertama kali di TIONGKOK CHINA.

DIEN SANG SEN MU DEWI PENYELAMAT DILAUTAN….

Setelah LIEN MEK NIANG naik sorga dan diangkat menjadi DEWI DIEN SANG SEN MU, maka banyak peristiwa peristiwa ajaib terjadi atas kesaktian DEWI dalam menolong umat manusia terutama yang sedang mengarungi samudera yang luas dan berbahaya. Dan atas jasa jasa dan amal yang besar DEWI makin sangat terkenal dan banyak pemujanya yang mendirikan klenteng pemujaan membuktikan bahwa semakin tinggi TINGKATAN TAOnya karena kebesaran DEWA dapat diketahui dengan banyaknya jasa yang dibuatnya serta banyak para pemuja yang menyembahnya.

Pada masa dinasty Song, perdagangan lewat lautan dari provinsi FUK CIEN sangat berkembang, tetapi para pelaut menyadari bahwa hidup ditengah lautan itu selalu penuh mara bahaya yang selalu mengancam setiap saat. Untuk itu para pelaut sangat membutuhkan pegangan hidup untuk menguatkan mentalnya serta perlindungan dan keselamatan. Maka satu satunya yang dikenal adalah LIEN MEK NIANG yang telah menjadi DEWI PELINDUNG DILAUTAN, maka kepada beliaulah persembahan persembahan dilakukan, baik sebelum berangkat berlayar, bahkan didalam perahu mereka dibuatkan altar sembahyang kepada DEWI DIEN SANG SEN MU yang dirupakan sebuah patung DEWI yang selalu dibawa kemana saja mereka berlayar mengarungi samudera yang lusa ini. Dan kisah pertolongan DEWI kepada para pelaut makin bermunculan dan tersebar luas dimana mana. Dan kebanyakan setelah mereka bosan dilaut dan menetap disebuat negara, maka patung DEWI DIEN SANG SHEN MU, THIAN SHANG SHENG BOO dibawa serta kedarat dan dibangunkan sebuah kelenteng pemujaan dan jadilah tempat sembahyang sampai sekarang, seperti di Indonesia juga banyak terdapat klenteng kelenteng pemujaan DEWI DIEN SANG SEN MU diseluruh pelosok pelosok daerah…

Di Putian, tempat kelahiran Lin Mo Niang, terdapat ratusan kuil yang didedikasikan untuknya, termasuk sekitar 20 kuil yang terdapat di Pulau Meizhou. Di lokasi lain, terdapat sekitar 70 kuil yang didirikan di area dekat pantai.

Pulau Meizhou dianggap sebagai Mekkah masyarakat oriental. Kuilnya yang utama disebut Kuil Ratu Surgawi-Kuil Leluhur Meizhou (Hanzi: 天后宮湄洲祖廟).

DEWA DEWI TAO MA CO PHO DIEN SANG SEN MU DIEN HOU SEN MU DEWA DEWI TAO MA CO PHO DIEN SANG SEN MU DIEN HOU SEN MU DEWA DEWI TAO MA CO PHO

Nah semakin seru kan Tao Yu Tao Yu mengenai cerita DEWA DEWI TAO kita yang kali ini khusus membahas DEWI DIEN SANG SEN MU atau seringkali kita kenal dengan DEWI MAK CO. J untuk itu tunggu kisahnya PART 2 setelah yang satu ini…

Xie Shen EN.

Please Share Us :