Kunjungan Tao Yu Men (道友门) Singapore ke Tao Jiao Thay Shang Men Indonesia 16-20 Juni 2016

Upacara Jauw Tu Bapak Lioe Sunyanto
July 4, 2016
DISKUSI UMUM: Mengenal TAO lebih Luas & Dalam
July 12, 2016

Kunjungan Tao Yu Men (道友门) Singapore ke Tao Jiao Thay Shang Men Indonesia 16-20 Juni 2016

Tao Yu (道友) Singapore mengejar mencari ilmu Tao Jiao Thay Shang Men sampai datang ke Indonesia,
16-20 Juni, 2016.

Ditulis Oleh: Tao Yu (道友) Lin Xiang Foo (林 祥 付)

Pengantar.

Bermula dari penyebaran Tao Jiao Thay Shang Men di berbagai negara international: China, USA, UK, Australia, Philipine dan yang terakhir Singapore. Seperti yang terjadi biasanya, setiap orang yang telah dikenalkan ke Tao Jiao Thay Shang Men dan di Tao Ying menjadi sangat terpesona dengan betapa sangat hebat dan luar biasanya Tao Jiao Thay Shang Men ini. Demikian pula yang terjadi di Singapore, setelah terjadi adanya Tao Ying di Singapore bulan Januari dan Maret 2016 yang lalu, berasal dari keinginan untuk memperdalam dan mengejar Tao Jiao Thay Shang Men yang sangat mereka kagumi, maka serombongan 17 orang dari Singapore datang ke Indonesia untuk bertemu dan belajar dari Shifu Kita, Lie Song Hoo, Grand Master pendiri Tao Jiao Thay Shang Men kita. Dalam kesempatan ini, mereka juga datang untuk bertemu para Sesiung2 mereka di Indonesia, mengunjungi Dao Guan kita di Jakarta dan Lampung serta ikut serta menghadiri acara akbar Thay Shang Ji Ri 2016 di Taokwan Pusat Jakarta.

Pengaturan rombongan.

  • Rombongan dari Singapore, berjumlah total 17 orang, dipimpin oleh leader mereka, C.P. Teoh ( 張傳保).
  • Setiba di Indonesia, seluruh group mereka diatur, di koordinasi dan dipimpin oleh Taoyu Lin Xiang Foo (林 祥 付), dibantu oleh para taoyu yang lain.

Day 01: 16 Juni 2016

Acara dimulai dengan penjemputan rombongan Singapore pukul 10:30 pagi hari. Acara selanjutnya menuju Taokwan Jakarta, Thay Ping Gong, Taokwan pusat dari 18 Taokwan yang tersebar di Indonesia. Setiba di Taokwan Thay Ping Gong, mereka disambut oleh ketua taokwan Jakarta, Huang Yen Hui (黃元辉 ), Ketua PUTI Pusat Li Ming Sen, dan beberapa taoyu Jakarta; mereka diajak menelusuri keadaan didalam Taokwan kemudian dilanjutkan dengan acara Ramah tamah makan siang di Taokwan. Acara dilanjutkan dengan sesi Ciang Tao dan diskusi yang dipimpin oleh Tao Yu (道友) Lie Ming Sen dengan tema utama tentang Xiu Xin Yang Xing. Kemudian rombongan diberangkatkan menuju Bandara Soekarno Hatta untuk menuju lampung.

Setiba di bandara, seluruh rombongan di pimpin oleh Tao Yu (道友) Lin Xiang Foo dengan dipecah menjadi 4 group kecil. Kemudian Ty Lin Xiang Foo menugaskan rombongan Tao Yu (道友) Jakarta dan Magelang; Tian Pao (郭天宝), Aon(張玉財), Jehtro(黄世荣), Merry Yenti(李春媚) dan Jessie(邹瑛秀) untuk menjadi leader di masing2 group tersebut dari awal keberangkatan sampai kembali ke Jakarta, termasuk pengaturan check in tiket dan bagasi.

Setelah melewati berbagai hambatan yakni penerbangan yang di cancel oleh Sriwijaya Air (13:30 menjadi 17:45), kemudian mengalami tambahan Delay 1 jam, akhirnya pada pukul 18:45 kami boarding dan terbang ke Lampung.

Setelah mendarat di lampung, kami dijemput oleh Tim Penjemputan Taokwan Qing Jing Gong Lampung, kemudian menikmati ramah tamah dinner di restaurant Khuai Lok. Setelahnya kami menuju Taokwan Qing Jing Gong, setibanya dimulailah acara perkenalan rombongan Singapore dengan Taocang Lie Ping Sen, serta ketua taokwan Qing Jing Gong Lampung, Amen(何耀民) dan para Ty Lampung yang lain nya. Karena sudah cukup larut, kami setelahnya segera menuju ke hotel untuk ber-istirahat karena besoknya acara cukup padat.

Day 02: 17 Juni, 2016

Acara dimulai dengan menuju Port Pelabuhan Laut Ketapang (Batu Menyan). Pada pukul 10 pagi, Kami mulai menyebrang dengan Ferri, menuju ke pulau Tanjung Putus.

Setiba di pulau, segera kami check in di Villa dan acara dimulai dengan kata sambutan oleh Taocang Lie Ping Sen dan Tao Yu (道友) Lin Xiang Foo, kemudian dilanjutkan acara perkenalan yakni setiap orang memperkenalkan dirinya, ada yang memakai Melayu, English dan Mandarin dari rombongan Singapore. Kemudian dilanjutkan dengan acara makan siang dan acara bebas sampai pukul 18:00. Para Tao Yu (道友) Singapore berbaur dengan Tao Yu (道友) Lampung, Jakarta dan Magelang. Ada yang berkaraoke ria, Diving (Menyelam), Berenang, Main Kano di laut, Memancing ikan, Memberi makan Ikan sambil terapi kaki, bermain Catur Zhong Guo dan bermain kartu.

Setelah makan malam pukul 18:00, acara dilanjutkan dengan sesi Ciang Tao formal oleh Tao Cang Lie Ping Sen dalam Bahasa Indonesia dan diterjemahkan oleh Tao Yu (道友) Lin Xiang Foo. Intisari topik yang dibahas oleh Taocang Lie Ping Sen adalah tentang

  • Xiu Dao yang benar membawa hasil yang benar, sedang metode berbeda akan membawa hasil yang beda pula di luar jalur yg diinginkan.
  • Penggunaan WU (Kesadaran) dalam memahami Lian Gong. Kaitan Yi Nian didalam berlatih Xian Tian Qi Gong dan Shen Gong.
  • Pengaruh Ning Qing didalam Cing Co Gong.
  • Mengenal batasan antara Shen Gong, Qi Gong dan Cing Co yang ditambahkan oleh Ty Lin Xiang Foo.

Efek dari sesi ini semakin membuat para Taoyu dari Singapore semakin memahami dasar2 Tao Jiao Thay Shang Men dan semakin mengagumi kedalaman Tao Jiao kita.

Day 03: 18 Juni, 2016

Setelah menikmati breakfast, kami serombongan segera menuju Feri dan kembali ke ketapang dan makan siang di Khuai Lok di lampung. Acara selanjutnya menuju Taokwan Qing Jing Gong lampung, untuk berlatih Lian Gong bersama serta berpamitan sebelum kembali ke Jakarta Sore harinya.

Sekitar pukul 15:00 kami tiba di Airport, dan menuju ke Jakarta. Setiba di Jakarta pukul 17:00, kami dijemput oleh Tim Penjemputan Taokwan Thay Ping Gong, segera menuju sebuah hotel mewah di Kemayoran untuk check in, kemudian membawa rombongan Tao Yu (道友) Singapore untuk dinner di Dapur Solo di Sunter.

Day 04: 19 Juni, 2016

Acara dimulai dengan penjemputan di hotel pukul 8:30 pagi untuk menuju ke rumah kediaman Shifu kami, Lie Song Hoo. Maka dimulailah acara Sesi Ciang Tao formal oleh Shifu. Seusainya, dilakukan sesi tanya jawab seputar Xiu Dao (Siu Tao). Mendengar berbagai jenis pertanyaan para Rombongan Singapore ini, sudah jelas terlihat betapa mereka sangat antusias mengejar dan mengagumi Tao Jiao Thay Shang Men kita ini sehingga 3 jam terlewatkan dengan sangat cepat.

Siang harinya kami menuju ke restaurant mengajak mereka beramah tamah makan siang bersama Shifu kami. Acara selanjutnya kembali ke hotel untuk ber-istirahat.

Pukul 16:00 sore, kami mulai menjemput mereka dari hotel, dimulai acara dinner pada pukul 18:00, untuk kemudian segera menuju Taokwan Thay Ping Gong Jakarta, mengikuti acara akbar tahunan, Thay Shang Ji Ri. Setiba di Taokwan, betapa terkaget2 nya dan terheran2 para rombongan Singapore, melihat betapa begitu banyaknya RIBUAN umat yang menghadiri acara ini di Taokwan, sampai tempat tidak cukup bahkan sampai ke jalan di luar. Setelah acara sembahyang Thay Shang Ji Ri, acara dilanjutkan dengan memperkenalkan rombongan Tao Yu (道友) Singapore berikut leader mereka C.P. Teoh kepada para umat Tao Yu (道友) kita semua, dan dilanjutkan dengan sesi2 acara lain yang sangat menarik. Setelahnya kami segera kembali mengantar ke hotel untuk ber-istirahat.

Day 05: 20 Juni, 2016

Setelah menjemput mereka di hotel dan check out, kami segera menuju ke rumah kediaman Shifu kami, Lie Song Hoo. Acara selanjutnya adalah Sesi Ciang Tao Formal yang dilakukan oleh Tao Yu (道友) Lin Xiang Foo. Topik yang dibahas oleh Tao Yu (道友) Lin Xiang Foo meliputi:

  • Penjabaran setiap pola latihan Lian Gong, meliputi Shen Gong, Qi Gong dan Cing Co.
  • Penjabaran detil tahapan2 berlatih Shen Gong. Dan Contoh2 yang salah.
  • Penjabaran detil tahapan2 berlatih Xian Tian Qi Gong, Mulai dari cara yang benar dalam Ding Xiong, Ti Gang, Shu Du, Tu Na dan Qi Chen Dan Tian.
  • Demonstrasi cara berlatih Xian Tian Qi Gong yang benar.
  • Penjabaran detil dasar2 tahapan berlatih Cing Co Kung.
  • Penjelasan perbedaan mendasar antara Totalitas Akhir/Netto Lian Gong, dibandingkan dengan yang disebut sebagai Totalitas Kotor Usaha berlatih Lian Gong.

Sesi Ciang Tao, Kemudian dilanjutkan oleh Shifu, Lie Song Hoo, Dan kemudian dilakukan upacara Gai Kuang Shen Siang untuk beberapa patung yang akan dibawa kembali ke Singapore. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang, kemudian segera menuju ke bandara international Soekarno Hatta untuk kembali ke Singapore.

Kesimpulan.

Setelah Semua acara selesai, para rombongan Tao Yu (道友) Singapore semakin antusias dan bersemangat untuk mengetahui lebih dalam tentang Tao Jiao Thay Shang Men. Sehingga banyak sekali pertanyaan2 yang dilontarkan dan dijawab sampai mereka puas oleh Shifu Lie Song Hoo, Taocang Lie Ping Sen, Taocang Lie Ming Sen dan istri, serta Tao Yu (道友) Lin Xiang Foo (林 祥 付).

 Mengamati tingkat anthusias yang begitu sangat amat tinggi terhadap Tao Jiao Thay Shang Men dari berbagai negara international; China, USA, UK, Australia, Philipine dan khususnya para Tao Yu (道友) Singapore dan tingkat perkembangan yang cukup cepat, saya yakin bahwa Singapore akan menjadi salah satu Rumah Tao  Jiao Thay Shang Men yang cukup kuat.

Mengingat betapa orang luar negeri di dunia international begitu mengejarnya Tao Jiao Thay Shang men kita, bahkan seringkali mereka sampai meluangkan waktu datang ke Indonesia untuk belajar, maka sungguh sangat beruntung-lah bagi para Hua Ren kita di tanah air karena Tao Jiao Thay Shang Men berkembang dan berpusat di Indonesia sehingga memudahkan para umat Kelenteng untuk belajar Tao, yang notabene merupakan AGAMA, AJARAN/PANDANGAN HIDUP dan BUDAYA ASLI Tionghoa sejak ribuan tahun yang silam.

Didukung oleh Paguyupan Umat Tao Indonesia(PUTI), Majelis Tridharma Indonesia(MTI) serta kehadiran 18 Taokwan yang tersebar di 16 provinsi di Indonesia siap melayani para Umat Kelenteng yang ingin belajar dan mengenal warisan leluhur keturunan naga kita.

Xie Shen En.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − one =