Kesan Mendalam Acara HICH ke- X Lampung

Tao Thay Shang Men Mendunia
February 26, 2016
SEKILAS Acara PPTM ( Pemantapan & Pendalaman Tao bagi Muda-mudi ) ke 8 SURABAYA
February 27, 2016

Kesan Mendalam Acara HICH ke- X Lampung

By : One-pink


Pada beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 24-27 Oktober 2014, telah diadakan acara Tao Taoism Taoisme terbesar untuk para Huang Yi se-Indonesia atau yang disebut Huang Yi Ju Hui (dibaca Huang Ie Cik Hui-red) bertempat di Hotel Novotel Bandar Lampung. Acara akbar ini dihadiri sebanyak 438 peserta Tao Yu yang terdiri dari 24 kota yaitu Bandar Lampung, Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan, Palembang, Medan, Binjai, Pontianak, Binjai, Lombok, Makassar, Jambi, Riau dll ditambah 1 peserta yang berasal dari Singapura.

Untuk HICH ke-X ini, panitia telah menyusun acara sedemikian padat dan menarik dimulai dari hari pertama pembukaan yang spektakuler dengan adanya pertunjukkan barongsai, duet maut Shixiong (baca Se Siung) Pimpin Lika beserta Vincent Lika, tarian peacock disertai iringan instrumental Hu Lu Shi, dan juga laporan-laporan dari setiap daerah. Kemudian acara-acara inti diisi dengan Jiang Dao (baca Ciang Tao) oleh 7 pembicara dengan 9 kali sesi Ciang Tao yang diisi oleh Li Shang Hu Shi fu, Shixiong Pimpin Lika, Shixiong Flyming Lika, Shixiong Tio Januar, Shixiong Teddy Haridjono, Shixiong Chen Cen Chien dan Shixiong Liu Cia Kuang; serta pemilihan Ketua MTI Pusat yang kembali dijabat oleh Shixiong Pimpin Lika dan beliau menunjuk Shixiong Eddy Wijaya (Huang Yen Hui) sebagai ketua harian. Kemudian untuk malam kesenian diisi dengan berbagai macam pertunjukkan baik paduan suara, qi gong (baca Chi Kung), parodi, tarian, tambur, Chinese instrumental dan lain-lain.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, setiap momen HICH yang rutin diadakan 2 tahun sekali ini selalu memberikan kesan mendalam yang berbeda kepada setiap pesertanya. Bagi penulispun HICH kali ini memberikan banyak sekali suguhan menarik dan kesan yang berbeda, baik dari pembawaan MC yang luwes, gagah dan menarik; suguhan musik yang dibawakan secara tradisional maupun modern yang memanjakan telinga di setiap momen pergantian Jiang Dao (dibaca Ciang Tao – red); kemudian makanan dan coffee-break yang beragam dan nikmat; temu kangen dengan para Dao you (dibaca Tao yu) dari daerah lain; dan terutama adalah isi materi yang menarik, ringkas, padat, jelas dan sangat bermanfaat untuk kemajuan Xiu Dao (baca Siu Tao) ini.

Mungkin penulis tidak bisa menuliskan apa saja isi dari materi Jiang Dao tersebut, namun yang penulis ingin sampaikan adalah tema HICH ke-X yaitu “Mempertinggi Konsepsi Zun Shi Zhong Dao, Memperkuat Tekad Xiu Shen Yang Xing” dengan isi materi Jiang Dao (Ciang Tao) maupun para pembicaranya sangatlah berhubungan erat. Mengapa??? Kalau dilihat dari profil maupun background para pembicara sudah tak diragukan lagi bahwa peranan mereka di dalam perkembangan Dao (Tao) di Indonesia sangatlah besar. Tanpa dibayar dan tanpa pamrih beliau-beliau ini telah menyiapkan dan membawakan materi yang memberikan kita banyak pengetahuan maupun motivasi, supaya kita bisa terpacu untuk terus merevisi diri maupun menjunjung tinggi Dao (Tao 道 ) kita. Dan dari mereka pula, kita bisa meneladani bahwa sebagai Daoyou (Tao Yu) terlebih Huang Yi haruslah bisa menerapkan pedoman-pedoman agama Dao (Tao道 )  di dalam hidup serta dengan hati yang tulus mau berusaha untuk terus maju tanpa berhenti belajar dan berbagi.

Ok, kembali lagi ke kesan yang penulis dapat dari HICH-X kali ini adalah, panitianya dari tua-muda Tao, besar-kecil, huangyi atau non- huangyi semua turut bekerja sama dan selalu melemparkan senyum hangat, keramahan maupun kesigapan membantu kepada para peserta walaupun tubuh terasa capai dan lelah sangatlah patut dicontoh. Energi, pikiran, waktu maupun materi yang dikeluarkan oleh panitia memanglah tidak sia-sia, dari hasil kuesioner yang diisi peserta Tao HICH ini, 90% merasa sangat puas dengan apa yang telah diberikan oleh panitia HICH ke-X Lampung, dan kesuksesan mereka pun sangat sesuai dengan ungkapan “Apa yang Kau Terima Sesuai Dengan Apa yang Kau Tabur”. Penulis mungkin masih belum sepenuhnya bisa mengungkapkan semua hal yang didapat dari HICH, namun penulis berharap apa yang didapat di HICH kali ini tak akan pernah berhenti dan terus dapat berkembang di dalam hati setiap pesertanya. Terima kasih panitia Tao Taoism Taoisme HICH-X, terima kasih para pembicara dan terima kasih kepada Li Shifu dan Li Shimu. Sampai jumpa di HICH 2016 di Jakarta. JIA YOU!!!!! Salam Tao

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − 1 =