SEKILAS Acara PPTM ( Pemantapan & Pendalaman Tao bagi Muda-mudi ) ke 8 SURABAYA

Kesan Mendalam Acara HICH ke- X Lampung
February 27, 2016
Tour De Kelenteng – Jakarta – 2016
February 27, 2016

SEKILAS Acara PPTM ( Pemantapan & Pendalaman Tao bagi Muda-mudi ) ke 8 SURABAYA

HOTEL TRETES RAYA, TGL 14-17 MAY 2015

Oleh: Panitia PPTM ( Pemantapan & Pendalaman Tao bagi Muda-mudi ) yang ke 8


 Pada tanggal 14 May 2015, tepatnya hari Kamis, PPTM ( Pemantapan & Pendalaman Tao bagi Muda-mudi ) sudah ke delapan kalinya di selenggarakan, kali ini di Hotel Tretes Raya, dengan Surabaya sebagai tuan rumahnya. Bila waktu dihitung mundur dari PPTM terakhir di kota Semarang, jaraknya sekitar 1 tahun 7 bulan. Ternyata tidak sampai 2 tahun para Muda Mudi Tao Taoisme Taoism Surabaya sudah membuat persiapan agar acara PPTM 8 dapat terlaksana. Dan sama seperti acara PPTM sebelumnya, acara PPTM-8 kali ini yang mengusung tema “Membentuk Jati Diri Muda Mudi Tao, sebagai Pijakan Masa Depan (塑造道教青年品質, 奔向幸福光明前途)” , juga telah menarik banyak peserta muda mudi Tao Taoisme Taoism Thay Sang Men se Indonesia bahkan dari luar negeri.

 Hotel Tretes Raya selama acara PPTM ini dapat dirasakan berbeda. Tidak hanya di aula panggung yang dilengkapi dekorasi, tetapi juga area di sekitar hotel di hiasi dengan stiker berlambangkan Thay Sang Men. Membuat para peserta Tao yang baru saja datang merasa tidak asing dengan suasana hotel dan merasa di sambut. Para peserta datang pada jam yang tidak bersamaan dan banyak dari mereka yang menempuh perjalanan yang lama. Capek sudah pasti terasa, tetapi penantian terhadap acara PPTM 3 hari kedepan membuat peserta tetap semangat.

 Acara pembukaan di buka dengan kata sambutan dari Ketua PPTM-8, Ss. Aries Harijanto dan Ss. Parama selaku ketua Tao Kwan Surabaya Thay Qing Gong. Dalam sambutannya, ketua PPTM-8, Ss. Aries, mengumumkan total Peserta PPTM-8 berjumlah 334 orang, berasal dari 22 daerah dan luar negeri, yaitu Singapore. Opening ceremony diisi dengan permainan tambur dan simbal (jeng-jeng), kemudian di akhiri dengan pertunjukan barongsai dari Muda Mudi Tao Surabaya. Dekorasi panggung PPTM-8 yang bertemakan pegunungan dijelaskan MC terinspirasi dari suasana pegunungan He Ming San, tempat Zhang Tao Ling mendapatkan ajaran Tao dari Mahadewa Thay Sang Lau Cin.  Secara simbolik kemudian Se Fu menandai pembukaan acara PPTM -8 ini dengan pemotongan pita dan pemukulan tambur, lalu ditutup dengan acara perkenalan dan update perkembangan kegiatan Tao Kwan Tao Kwan dari masing-masing daerah melalui pemutaran video.

Tiga pembicara yang sudah tidak asing mengisi sesi Ciang Tao terutama pada hari kedua dan hari ketiga PPTM-8 ini, yaitu Se Fu, Ss. Lie Ping Sen dan Ss. Lie Ming Sen. Banyak pemahaman, nasehat dan pengetahuan yang di sampaikan oleh Para Pembicara, yang dapat di serap oleh Para Peserta Tao. Seperti salah satu pesan berkesan yang di sampaikan oleh Se Fu yaitu, “Cobalah semua kesempatan, jika tidak ada, coba ciptakan sendiri”, tentunya membangkitkan semangat juang Para Peserta khususnya Muda Mudi. Kemudian sharing perjalanan Siu Tao dan meragi sampai ke luar negeri yang sampaikan oleh Ss. Lie Ming Sen, membuat keyakinan kita semakin tebal dan terpacu untuk lebih mendalami Tao agar bisa meragi sesama. Di tambah juga dengan sesi workshop yang di bawakan oleh Ss. Lie Ping Sen, yang mengajak kita untuk menemukan nilai moral yang luhur melalui cerita yang sederhana, diantaranya seperti “Hidup seperti roda, kadang di atas dan kadang di bawah, jangan terbuai dengan kebahagiaan, jangan terlalu larut dalam kesedihan, nikmati secukupnya, dan tetap bersiap untuk menghadapi hal yang terburuk”. Selain itu, pertunjukkan, seperti show wushu dari Wushu Xiao Yao, Show Pien Lien, dan Show Ku Chen dari Muda-mudi Surabaya ikut mengisi acara di sela-sela sesi Ciang Tao.

 Pada ada hari kedua PPTM 8 ( Pemantapan & Pendalaman Tao bagi Muda-mudi ), juga diadakan acara Outbond. Para peserta di bagi menjadi beberapa kelompok, dan diberikan tugas untuk mengumpulkan puzzle. Agar dapat mendapatkan puzzle ini, setiap kelompok harus melewati beberapa post permainan. Melalui permainan outbond ini, para peserta bisa melatih kerja sama, menambah pengetahuan, juga membuat jalinan keakraban antar peserta. Dan walaupun sempat di guyur hujan, acara outbond PPTM kali ini tidak kalah meriah dan bahkan sanaat berkesan.

Selain Ciang Tao, dan Outbond, acara lain yang special di PPTM 8 ini adalah Talk Show. Se Fu sebagai diundang maju ke depan sebagai narasumber di acara Talk Show ini. Berbagai pertanyaan seputar kehidupan dan perjalanan Siu Tao Se Fu dilontarkan oleh moderator, mulai dari awal mula ketika Se Fu pertama kali menyebarkan Tao dan meragi, sampai dengan kehidupan Se Fu ketika muda dulu bersama Se Mu. Banyak cerita yang disampaikan sehingga kita bisa mengenal lebih dekat lagi sosok atau pribadi Se Fu kita.

Kemudian sampai di malam terakhir, malam terakhir di PPTM merupakan malam yang juga ditunggu-tunggu, karena diisi dengan pertunjukkan kesenian dan acara polonaise. Berbagai daerah ikut serta untuk menunjukkan ciri khas dan kebolehan mereka, di antaranya tarian dari Mojokerto, Semarang, Lampung, Balikpapan, Jakarta dan Surabaya, paduan suara/vocal dari Yogya, Bangka, Bali dan Jakarta, pertunjukkan drama dari Jambi, pertunjukkan sulap dari Surabaya, dan pertunjukkan tambur dari daerah Lampung. Surabaya sebagai tuan rumah menutup malam kesenian ini, dengan pertunjukkan “Long”, yang diisi dengan nyanyian Lagu  Long, di barengi dengan  pertunjukan tai chi serta wushu, yang dapat menunjukkan makna/cerminan dari semangat jati diri dari Muda Mudi Tao.

 Di hari terakhir, acara di mulai dengan sesi foto bersama, pembagian door prize dan penutupan. Se Fu memberikan kata sambutan, menyatakan acara PPTM-8 telah berjalan sukses dan menutup acara ini. Ketua PPTM-8, juga mengumumkan Tuan Rumah terpilih untuk penyelenggaraan PPTM-9 ( Pemantapan & Pendalaman Tao bagi Muda-mudi ) , yaitu kota Semarang. Dengan selesainya semua acara, Para Peserta pun bersiap-siap untuk pulang ke daerah masing-masing. Keseluruhan acara PPTM-8 kali ini, pastilah meninggalkan kesan bagi semua yang hadir. Semoga semua manfaat yang di dapat oleh semua peserta bisa membawa kemajuan dan dampak positif bagi pribadi, orang-orang di sekitar, juga bagi kemajuan perguruan kita, Thay Sang Men. Demikian kilasan seputar acara PPTM-8, sampai berjumpa lagi di acara PPTM-9 ( Pemantapan & Pendalaman Tao bagi Muda-mudi ke 9)  di kota Semarang.

 Xie Shen En.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − five =