Partisipasi Taoyu Pontianak Dalam Upacara Pernikahan Massal Di Klenteng Hian Thian Siang Tee Sungai Kakap

Pilih Regional 

Perayaan Anniversary Taokwan Thien You Gong Pontianak Ke 7
July 11, 2017
Kegembiraan Di Hari Kebesaran Dewa Kwan Sen Tee
July 24, 2017

Partisipasi Taoyu Pontianak Dalam Upacara Pernikahan Massal Di Klenteng Hian Thian Siang Tee Sungai Kakap

Tao Kwan Thien You Gong­­­ – Pontianak Kali ini, kami–taoyu Pontianak mendapat kesempatan dan kepercayaan dari umat klenteng Hian Thien Siang Tie Sungai Kakap, kabupaten Kubu raya untuk menjadi petugas (fu fak) dalam acara pernikahan massal yang digelar di klenteng tersebut. Jarak tempuh ke lokasi klenteng yang dekat dengan laut ini menghabiskan waktu 1 jam perjalanan dari kota Pontianak. Keberangkatan kami pun disertai dengan hujan deras yang terus mengguyur sepanjang hari, namun demi amanah umat di sana, halangan cuaca tidak menyurutkan tekad.

     

Sesampainya di klenteng yang luas dan bernuansa oriental itu, rasa penat selama perjalanan seketika lenyap. Sekelompok muda-mudi yang berjumlah puluhan orang sigap untuk segera memberi penghormatan kepada shen xian di sana. Pemandangan berlatar sampan dan laut di depan klenteng seakan menggoda para muda-mudi untuk mengabadikan moment kunjungan mereka. Sayangnya, cuaca yang mendung tidak mendukung untuk lebih leluasa menjelajahi sekitar klenteng.

     

Dan… saat yang ditunggu tiba. Ketika jam sudah mendekati pukul 18.00 WIB, agenda selfie ditunda sesaat lantaran kami harus bersiap melaksanakan tugas. Rasanya menyenangkan, apalagi ini merupakan pengalaman pertama kami menjalankan tugas sebagai fu fak pernikahan di luar Tao Kwan. Para calon mempelai yang terdiri dari 4 pasangan juga sudah menduduki tempatnya sembari menanti acara resmi dimulai.

“Acara akan segera dimulai, mohon para hadirin dapat menonaktifkan handphonenya…” Kalimat pembuka yang dilontarkan oleh Frendy, ketua muda-mudi yang bertugas sebagai MC seketika membuat suasana hening sehingga upacara dapat berjalan dengan khusyuk.

     

Satu persatu pasangan menjalani serangkaian prosesi upacara. Dikarenakan ini hanya sesi pemberkatan saja, maka para mempelaipun hanya mengenakan pakaian bebas dan sopan. Ada beberapa mempelai yang sudah memiliki anak, namun mereka tetap ingin mengikuti pemberkatan untuk memohon restu dan wu fuk dari shen xian dengan cara pernikahan Tao.

Acara berlangsung  selama kurang lebih satu jam dengan lancar. Saat semua rangkaian prosesi pemberkatan selesai dilaksanakan, terlihat gurat wajah lega dari seluruh petugas, mempelai dan hadirin. Untuk merayakan hari baik dan kesuksesan acara, sebelum semuanya meninggalkan tempat upacara, kami kembali mengabadikan momen bahagia ini.

ria sebelum kembali pulang

Kegiatan pada tanggal 9 juli 2017 ini menjadi sebuah pengalaman menarik bagi kami. Kendati sudah berlalu, namun kenangannya masih membekas manis dalam ingatan. Demikian liputan dari daerah Pontianak yang dapat kami bagikan kepada pembaca siutao.com senusantara. Sampai jumpa di liputan lain di kota kami ya. Xie xie.

 

Penulis Chantie Lee

Diposting Oleh Eddy

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + nineteen =