UNDANGAN PERAYAAN HIAN TIEN SHANG TIE JI RE DI KLENTENG HIAN THIAN SHANG DI SUNGAI KAKAP

Pilih Regional 

Ciangtao Manado : Persiapan Ujian HY dan Manfaat Ritual TAO
April 23, 2018
Upacara Pembersihan Rumah (Shi Wu) oleh Taoyu Manado
May 1, 2018

UNDANGAN PERAYAAN HIAN TIEN SHANG TIE JI RE DI KLENTENG HIAN THIAN SHANG DI SUNGAI KAKAP

Klenteng Hian Thian Shang Di Sungai Kakap

Tao Kwan 道观 Thien You Gong­­­ , Pontianak – Kali ini kami taoyu Pontianak mendapatkan kesempatan kembali bersilaturahmi bersama umat TITD Hien Thien Shang Tie Sungai kakap Kalimantan Barat, pada hari rabu 18 April 2018 silam. Agenda kali ini dalam rangka memenuhi undangan dari pengurus klenteng untuk merayakan hari kebesaran Dewa utama di klenteng tersebut, yakni dewa Hian Tien Shang Tie. Sejak pagi kurang lebih pukul 07.30 WIB, para taoyu berkumpul di Taokwan Sinar Cerah yang terletak di jl Siaga, kecamatan Sungai Raya, kabupaten Kuburaya. Puluhan taoyu yang terkumpul akhirnya berangkat dalam rombongan menuju Sungai Kakap. Perjalanan sendiri ditempuh dalam kurun waktu kurang lebih satu jam.

 

 

Kehadiran para taoyu tentu saja mendapat sambutan hangat dari pengurus serta umat TITD Hien Tien Shang Tie. Suasana akrab tersebut juga membuat jalannya upacara sembahyang bersama lancar dan hikmat.

 

 

Para Fu Fak menyiapkan hio untuk sembahyang bersama pengurus dan umat klenteng Hian Thian Shang Di

Menyanyikan lagu Tao bersama pengurus dan umat Klenteng

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Usai sembahyang menghadap Thien Kung, para Fu fak dan umat melanjutkan sembahyang di hadapan altar dewa Hien Tien Shang Tie dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Tao bersama.

 

Sembahyang bersama pengurus dan umat Klenteng di Altar Dewa Hian Thian Shang Di

Menyanyikan lagu Tao bersama pengurus dan umat Klenteng

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah acara inti selesai, para taoyu tidak langsung berpamitan pulang. Pengurus klenteng selaku tuan rumah menjamu mereka dengan hidangan vegetarian. Kesempatan ini pula para taoyu dapat bersenda gurau dengan umat di klenteng tersebut.

Hari mulai menjelang siang, saatnya untuk mengakhiri sejenak kebersamaan ini. Namun semua tidak berlalu begitu saja sebelum kamera mengabadikan potret kami bersama para umat TITD Hien Tien Shang Tie.

 

Foto bersama pengurus dan umat Klenteng

Tiada pesta yang tak usai. Demikian pula dengan perjumpaan kami yang harus disudahi sampai di sini. Namun tidak perlu sampai bersedih hati, karena kami yakin masih ada agenda lain yang menanti di klenteng ini untuk kami kunjungi kembali. Terima kasih untuk para pembaca yang sudah mengikuti cerita kami. Xie xie…

 

Penulis : Chantie Lee

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − eleven =