Sedikit cerita tentang “Klenteng”

Tentang Tao : Jalan Manusia by Lie Ping Shen
October 20, 2016
Maha Dewa Tao : Dai Sang Law Cin ( Thay Shang Lao Cun )
October 21, 2016

Sedikit cerita tentang “Klenteng”

Sedikit cerita tentang “Klenteng”

 

Sedikit berbicara tentang Klenteng atau sering kita sebut Tao Kwan apakah Tao Yu Tao Yu sekalian sudah mengerti benar darimana Tao Kwan atau istilah Klenteng itu muncul ?

Yuk kita baca sekilas artikel tentang Klenteng yang dikutip dari Buku “Mitos dan Legenda Dewa Klenteng”

Begini ceritanya :

Seorang sastrawan yang bernama MA HUAN dalam bukunya YING YA SHENG LAN menceritakan bahwa orang Tionghoa sudah datang di Indonesia pada abad ke 14 yaitu pada jaman Majapahit.

Bersamaan dengan kedatangan orang orang Tionghoa tersebut mengalir pula masuk kebudayaan mereka, terutama kebudayaan spiritual seperti ada istiadat, upacara upacara keagamaan Tionghoa yang berasal dari Agama Tao jaman kuno.

Hal tersebut diatas, terbukti dengan banyaknya klenteng klenteng pemujaan Dewa dengan ciri khas Tionghoa yang ada hampir di seluruh pelosok pelosok daerah dan perkotaan di Indonesia.

Istilah “Klenteng” sebenarnya berasal dari bunyi genta yang ditabuh berbunyi “Klenteng… Klenteng.. Kelenteng…. “ pada saat upacara membaca ayat ayat Kitab Suci.

Jadi istilah “Klenteng” khusus di Indonesia saja. Ada beberapa perbedaan istilah dan bentuk “Klenteng” dalam Bahasa Tionghoa yang disebabkan oleh 3 agama yaitu : Budda, Tao, dan Konghucu, yaitu sbb :

 

1.       Miao (Bio Hokkian)

Berarti tempat pemujaan yang terdiri dari bangunan bangunan gedung gedung yang besar megah dan luas arealnya. Miao istilah dari agama Konghucu.

2.       Cithang atau CongCi

Berarti tempat pemujaan para Arwah arwah leluhur nenek moyang yang terawal. Cithang atau Congci istilah dari agama Khonghucu.

3.       Taokwan / Tao Kwan

Berarti tempat ibadah agama TAO yang terbagi dalam 2 tingkatan yaitu :

a.       Kung = Istana, adalah klenteng yang berbentuk besar besar untuk pemujaan MAHADEWA dan DEWA DEWA Tingkat Tertinggi agama TAO

b.       Kwan = Wisma Suci, adalah klenteng yang lebih kecil dari KUNG

4.       AN (AM Hokkian)

Berarti klenteng khusus untuk para Bhikkuni atau pendeta wanita agama Budha, semacam pondok pesantren pendeta wanita agama Budha

5.       She (Si Hokkian)

Berarti klenteng khusus untuk para Bhikku atau pendeta pria agama Budha.

Baik An atau She disebut juga Wihara / Biara tempat ibadat agama Budha.

Gimana para Tao Yu sekalian sudah mengerti sedikit tentang Klenteng atau Tao Kwan ? ^_^

Salam TAO. Xie Shen En.

 

 

 

 

Please Share Us :