Tao Yu, Tao Kwan, Kelenteng, Tao Ying Suk dan istilah istilah lainnya yang sering digunakan umat Tao

EBA: Wo De Meng Xiang
April 4, 2016
Ciangtao Umum Sa Gwee Ce It 2016
April 8, 2016

Tao Yu, Tao Kwan, Kelenteng, Tao Ying Suk dan istilah istilah lainnya yang sering digunakan umat Tao


Ta Jia Xue Tao Hao,

Kali ini kami akan memuat beberapa istilah atau arti kata dan kalimat yang sering digunakan di Siutao.com

  1. Tao Yu : kata Tao Yu sendiri ini berasal dari 道友 (Dao you) yang memiliki arti Teman Tao Sepersaudaraan.

        Dao 道 = Tao

You 友 = Yu = Teman / Saudara

  1. Tao Kwan : kata Tao Kwan ini berasal dari 道观 (Dao Guan) yang memiliki arti Tempat ibadah Tao atau sering disebut Kelenteng / Klenteng.

Berikut kami lampirkan asal mula kata Kelenteng / Klenteng sbb :

Klenteng? Atau Kelenteng? Adalah sebutan untuk tempat ibadah penganut kepercayaan tradisional Tionghoa di Indonesia pada umumnya. Dikarenakan di Indonesia, penganut kepercayaan tradisional Tionghoa sering disamakan sebagai penganut agama KongHuCu, maka klenteng dengan sendirinya disamakan sebagai tempat ibadah agama KongHuCu.

Tidak ada catatan resmi bagaimana istilah “Klenteng” / “Kelenteng” ini muncul, tetapi yang pasti istilah ini hanya terdapat di Indonesia karenanya dapat dipastikan kata ini muncul hanya dari Indonesia.

Konon cerita yang lebih dipercaya asal kata Klenteng / Kelenteng bermula dari bunyi Teng-Teng-Teng dari lonceng di dalam klenteng atau kelenteng sebagai bagian dari ritual ibadah. Kelenteng / Klenteng juga disebut sebagai Bio yang merupakan dialek Hokkian dari karakter 廟 (Miao).  廟 (Miao) kata ini adalah sebutan umum bagi klenteng di China.

Pada Mulanya廟 (Miao) adalah tempat penghormatan pada leluhur 祠 (Ci) atau rumah Abuh. Pada awalnya masing masing marga membuat “Ci” untuk menghormati para leluhur mereka sebagai rumah Abuh. Para Dewa-Dewi Tao yang dihormati tentunya berasal dari suatu marga tertentu yang pada awalnya dihormati oleh marga / family / klan mereka. Dari perjalanan waktu maka timbullah penghormatan pada para Dewa Dewi yang kemudian dibuatkan ruangan khusus untuk para Dewa / Dewi yang sekarang ini kita kenal sebagai Miao yang dapat dihormati oleh berbagai macam marga, suku.

Saat ini di dalam廟 (Miao) masih juga ditemukan (bagian samping atau belakang) dikhususkan untuk Abuh leluhur yang masih tetap dihormati oleh para sanak keluarga / marga / klan masing – masing. Ada pula di dalam廟 (Miao) disediakan tempat untuk mempelajari ajaran ajarang agama leluhur seperti ajarang Lao Tze, Kong Hu Cu dan bahkan ada pula yang mempelajari ajaran Buddha.

Di Indonesia terbagi 3 Besar yaitu Wihara / Vihara umumnya untuk Buddha, Miao / Bio umumnya untuk Tao, dan Tang / Li Tang untuk Kong Hu Cu.

  1. Ta Jia Xue Tao Hao : kalimat ini berasal dari 大家学道好 (Da Jia Xue Dao Hao), merupakan salam pembuka bagi umat Tao yang khususnya disampaikan oleh Tao Yu yang Siu Tao dalam aliran Thay Shang Men (太上门)
  2. Xie Shen En : kalimat ini berasal dari 谢神恩 (Xie Shen En), berarti Terima Kasih khususnya bersyukur…
  3. Tao Ying : kata Tao Ying ini berasal dari kata 导引术 yang lebih dikenal “Tao Ying Suk” dimana ini merupakan suatu ilmu atau metode yang memandu kita masuk dalam sekolah keDewaan. Nah sering kali di kalangan Tao Yu sering ditanya Tao Ying tahun berapa ? Tao Ying disini diambil dari 导引仪式 (Upacara Tao Ying) namun sering disingkat Tao Ying. 导引仪式 (Upacara Tao Ying) merupakan Upacara inisiasi. Inisiasi disini adalah sebuah perayaan ritus yang menjadi tanda masuk atau diterimanya seseorang di dalam sekolah / komunitas/ paguyuban/ aliran yang disini berarti Thay Shang Men.

Jika masih ada yang perlu ditambahkan. Mohon commentnya dibawah yah.. 🙂 Xie Xie..

Please Share Us :