Jing Zuo Jadikan Awet Muda dan Panjang Umur

Sedikit Mengenai Feng Shui
January 24, 2016
Merokok Menghambat Qi Gong Anda
January 24, 2016

Jing Zuo Jadikan Awet Muda dan Panjang Umur

Jing Zuo Jadikan Awet Muda dan Panjang Umur

Oleh: Susi & Kuo Fei

Secara struktur, tubuh manusia terbentuk dari jutaan sel-sel tunggal yang membentuk jaringan-jaringan yang utuh menjadi otot, jaringan saraf pencernaan dsb. Menjadi tubuh manusia seutuhnya.

Tubuh manusia tumbuh berawal dari rahim Ibu, di mana pertumbuhan sel-sel itu dengan cara membelah diri dari satu sel membelah menjadi 2, 2 menjadi 4 dan seterusnya.

Dari sel menjadi bayi – lahir – anak – remaja – dewasa – tua. Dari bayi sampai menjadi orang tua, sel-sel tubuh akan terus membelah diri baik untuk pertumbuhan ataupun berguna untuk memperbaiki sel-sel yang telah rusak atau yang telah mati dengan sel baru.

Dalam hidup, kita selalu diliputi dengan perasaan ketegangan atau stress, belum lagi pengaruh kondisi lingkungan yang terpolusi makin lama semakin berat. Hal ini akan mempercepat kerusakan sel-sel dalam jaringan tubuh manusia secara keseluruhan.

Semakin cepat sel kita rusak akan semakin mempercepat sel-sel yang lain membelah membentuk sel yang baru.

Celakanya, pembaharuan yang terus menerus tersebut tidaklah menyebabkan tubuh kita semakin muda, malahan tubuh akan semakin cepat menjadi tua.

Dari pengertian ini dapat kita jelaskan mengapa Jing Zuo [Cing Co] atau meditasi dapat membuat tubuh manusia awet muda dan panjang umur.

Secara garis besar Jing Zuo [Cing Co] bertujuan mengendorkan atau membuat rileks seluruh sel-sel dalam jaringan. Tubuh manusia mencapai taraf istirahat tertinggi.

Proses tersebut secara bertahap akan menjadikan metabolisme tubuh secara keseluruhan efisien dan efektif. Dimulai dari aktivitas otak menuju tahap istirahat yang tinggi.

Selanjutnya akan memiliki efek langsung pada pola bernapas yang akan semakin tenang, jernih. Hal ini akan berlanjut pada tahap kegiatan bernapas yang semakin halus (semakin tenang pikiran, ritme pernapasanpun semakin halus, begitu pula sebaliknya semakin kacau pikiran, ritme pernapasan akan semakin cepat).

Dengan rajin berlatih setiap hari dalam Siu Tao ( ), sel-sel dalam tubuh kita akan bertahan awet pada kondisi yang prima. Dalam berlatih, ada gerak ada diam [Cing Co]. Latihan tersebut menjadikan tubuh (sel) kita sehat dan tenang (stabil).

Proses Jing Zuo [Cing Co] akan membuat pergantian sel-sel dalam tubuh menjadi berkurang tingkat kekerapannya / keseringannya. Misalnya setiap sel mampu tumbuh / membelah diri sebanyak 1000 X pembelahan dan setiap hari terjadi 1 X pembelahan.

Dari proses Jing Zuo [Cing Co] yang terus menerus dilakukan, proses pembelahan sel untuk regenerasi / penggantian sel yang rusak dijarangkan / diperlambat dari 1X sehari menjadi misalnya 1 X seminggu, 1 X sebulan, bahkan kalau mungkin 1X dalam beberapa bulan.

Contoh tersebut diketahui sel akan bertahan lebih lama (masa hidup sel yang lebih lama) sehingga untuk misalnya 1000 X pembelahan kemampuan sebuah sel dapat menjadikan kita awet muda dan pada gilirannya menjadi ….. umur diperpanjang (panjang umur).

Kesimpulannya adalah kondisi terbaik untuk memperoleh hasil yang maksimal dan nyata, perlu Siu Tao ( ) dimulai saat masih MUDA, di mana jaringan sel dalam tubuh masih sangat baik. Jadi tidak ada yang mistik/takhyul kalau kita paham dengan Siu Tao ( ) kita.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 − 2 =