道德经 Dao De JingBab 14
无状之狀
(WU ZHUANG ZHI ZHUANG)
WUJUD YANG TIDAK BERWUJUD
Kalimat Asal :
视之不见曰夷, 听之不闻日希, 搏之不得曰微, 此三者不可致话, 故混而为。
(Shi Zhi Bu Jian Yue Yi, Ting Zhi Bu Wen Yue Xi, Bo Zhi Bu De Yue Wei, Ci San Zhe Bu Ke Zhi Jie, Gu Hun Er Wei Yi.)
其上不皦, 其下不昧, 绳绳不可名, 复归于无物。是为无状之状, 无物之象, 是谓惚恍。迎之不见 其首, 随之不见其后。
(Qi Shang Bu Jiao, Qi Xia Bu Mei, Ming Ming Bu Ke Ming, Fu Gui Yu Wu Wu. Shi Wei Wu Zhuang Zhi Zhuang, Wu Wu Zhi Xiang, Shi Wei Hu Huang. Ying Zhi Bu Jian Qi Shou, Sui Zhi Bu Jian Qi Hou.)
执古之道, 以御今之有, 能知古始。是谓道纪。
(Zhi Gu Zhi Dao, Yi Yu Jin Zhi You, Neng Zhi Gu Shi. Shi Wei Dao Ji.)
Terjemahan :
Hendak dilihat tapi tidak tampak, disebut YI. Hendak didengar tapi tidak kedengaran disebut XI. Hendak diraba tapi tidak bisa teraba, disebut WEI. Ketiga sifat ciri khusus ini membentuk SATU yang unik dan tidak bisa dibuktikan lebih lanjut ; nyatanya memang sebuah wujud yang samar adanya.
Bagian atasnya tidak terang, bagian bawahnya tidak gelap. Dia mahabesar, menyumber terus, dan tidak bisa diberi nama dengan tepat. Balik kepada asalnya pun tidak terlihat ada wujud sehingga bisa dikatakan sebagai sesuatu yang tidak berbentuk yang nyata wujudnya atau wujud yang tidak nyata bentuknya. Dia dikata kan sebagai suatu wujud yang samar berkilau (HU HUANG/惚恍 ), disambut tidak bisa terlihat wujud kepalanya, diikuti tapi juga tidak bisa mengetahui belakang/ekornya.
Hanya orang yang mengerti Dao yang mahabesar-lah baru bisa mengenal sumber awal kehidupan sejak zaman purba, sekaligus bisa menyadari dan mengendalikan masalah-masalah nyata yang muncul di zaman sekarang. Semua yang dibicarakan di atas merupakan inti keadaan Dao yang sebenarnya.
Penjelasan :
Kali ini Nabi Lao Zi berusaha menjelaskan wujud nyata dari Dao. Dao dikatakan MAHA BESAR, MAHA AGUNG, dan MAHA GAIB, yang jauh melampaui kemampuan pancaindra dan segala alat pengindraan yang dimiliki ataupun yang diciptakan manusia. Oleh karena itu, manusia sama sekali tidak mampu melukiskan warnanya, meniru bunyinya, ataupun menyebut bentuknya. Namun, meskipun sepertinya tidak berwujud, kenyataannya Dia itu berwujud. Meskipun samar dan berkilauan sampai tidak bisa dike tahui ujung awal dan ujung akhirnya, Dia tetap bisa disambut dan diikuti oleh manusia. Karenanya, Dia tetap absolut adanya.Sebenarnya, Dao bisa disadari keberadaan dan peraturan hukum mulianya. Hanya orang yang menyadari semua itulah yang bisa menyadari akar dari segala permasalahan di alam semesta ini.
Dengan kata lain, DA DAO/大道 (TAO MAHA BESAR) adalah Dzat Agung yang tidak bisa dilihat, tidak bisa didengar, dan tidak bisa diraba oleh pancaindra manusia. Itulah Dzat yang MAHA AGUNG dan MAHA SATU yang kekal abadi.
Oleh karena itu, bila dalam memahami DA DAO semua tingkah laku umat Agama Tao sudah sesuai dengan ajaran agama, mereka akan selalu lancar dan harmonis dalam segala masalah kehidupan. Sebaliknya, bila mereka sengaja menentang kehendak Dao (menentang segala peraturan yang sesuai dengan sifat DA DAO), perjalanan hidupnya akan selalu mendapatkan banyak halangan, bahkan malapetaka akan datang silih berganti, sampai memusnahkan dirinya.
Diambil dari Buku 道德经 Dao De Jing, yang ditafsirkan oleh Dr.I.D.Lika MSc.