道德经 Dao De Jing, Bab 25
道的真面目
(DAO DE ZHEN MIAN MU)
WUJUD ASLI DAO
Kalimat Asal :
有物混成, 先天地生。寂兮寥兮, 独立不改, 周行 而不殆, 可以为天下母。
(You Wu Hun Cheng, Xian Tian Di Sheng. Ji Xi Liao Xi, Du Li Bu Gai, Zhou Xing Er Bu Dai, Ke Yi Wei Tian Xia Mu.)
吾不知其名, 字之曰道, 强为之名曰大。大日逝, 逝日远,远日反。
(Wu Bu Zhi Qi Ming, Zi Zhi Yue Dao, Jiang Wei Zhi Ming Yue Da. Da Yue Shi, Shi Yue Yuan, Yuan Yue Fan.)
故道大, 天大地大, 人亦大。域中有四大, 而人居 其一焉。人法地, 地法天, 天法道, 道法自 [然]。
(Gu Dao Da, Tian Da, Di Da, Ren Yi Da. Yu Zhong You Si Da, Er Ren Ju Qi Yi Yan. Ren Fa Di, Di Fa Tian, Tian Fa Dao, Dao Fa Zi [Ran].)
Terjemahan :
Ada sebuah DZAT agung, DIA ada sebelum Langit (TIAN/天) dan Bumi (DI/地) ada. DIA sunyi senyap adanya, namun maha luas tidak bisa dilihat bentuknya. DIA absolut, maha pencipta dan kekal abadi, bisa dianggap sebagai induk (IBU/母) dari segala yang ada di alam semesta.
Sesungguhnya, saya belum tahu nama-NYA. Secara hormat saya sebut namanya “DAO”. Kalau dipaksakan, bisa juga diberi nama DA (MAHABESAR). DIA mahabesar tanpa batas, seperti bergerak makin luas dan makin jauh, makin jauh, dan akhirnya seperti hilang dan kembali menjadi tenang, dan ini bisa disebut sebagai sumber asal dari segalanya.
Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa DAO itu besar, Langit itu besar, Bumi itu besar, Manusia juga besar. Dalam hal ini sesungguhnya boleh dibilang ada EMPAT yang besar, manusia termasuk diantaranya. Manusia harus mengikuti pengaruh bumi, Bumi harus patuh pada pengaruh langit, Langit harus tunduk pada pengaruh DAO, sedangkan DAO yang MAHABESAR, ya, hanya mengikuti kehendak dirinya.
Penjelasan :
Dalam bab ini, Nabi Lao Zi telah menjelaskan DAO yang sesungguhnya. DAO adalah DZAT AGUNG yang MAHABESAR, ABSOLUT dan KEKAL-ABADI. DAO sudah ada sebelum semuanya ada. DAO juga MAHA PENCIPTA sehingga pantas di sebut IBU/INDUK dari segala yang ada termasuk alam semesta.
Dari bab inilah kita yakin bahwa Nabi Lao Zi yang pertama kali menggunakan nama DAO untuk menunjukkan DZAT AGUNG yang MAHAMULIA, MAHA ESA, MAHA PENCIPTA, MAHA ADIL, dan MAHA KUASA ! Selanjutnya, bisa dikatakan bahwa DAO yang bisa menciptakan segalanya berarti bersifat MAHA BESAR, berikutnya adalah TIAN (Langit) yang besar, diikuti DI (Bumi) yang juga besar. Manusia yang merupakan makhluk hidup yang punya akal dan pikiran melebihi makhluk-makhluk lainnya bisa dikatakan bersifat besar juga. Dengan demikian, ada 4 besar yang bisa dikenal.Orang hanya tahu bahwa dari keempat besar di atas, manusia termasuk salah satu yang bersifat besar, tapi tidak tahu manusia bagaimana yang patut diberi gelar besar itu. Nabi Lao Zi memberikan contoh bahwa manusia disebut besar bila mereka bisa bersatu dengan DI/ (Bumi), bisa memahami dan patuh pada peraturan alam/bumi sebagai landasan berpijak manusia. Bumi juga harus patuh mengikuti peraturan dari Langit yang melingkupinya itu. Sementara itu, Langit harus mengikuti aturan penciptanya, yaitu DAO.
DAO sendiri karena DIA ABSOLUT dan PENCIPTA dari segala yang ada. Maka, DAO hanya mengikuti dirinya sesuai kemuliaannya saja. (bagaimana yang patut diberi gelar besar itu. Nabi Lao Zi memberikan contoh bahwa manusia disebut besar bila mereka bisa bersatu dengan DI / (Bumi), bisa memahami dan patuh pada peraturan alam/bumi sebagai landasan berpijak manusia. Bumi juga harus patuh mengikuti peraturan dari Langit yang melingkupinya itu. Sementara itu, Langit harus mengikuti aturan penciptanya, yaitu DAO.
DAO sendiri karena DIA ABSOLUT dan PENCIPTA dari segala yang ada. Maka, DAO hanya mengikuti dirinya sesuai kemuliaan nya saja. (以 自 为 然 / YI ZI WEI RAN = Mengikuti kehendak dirinya sebagai proses hukum alam semesta.) “Dao sudah ada sebelum semuanya ada !”
Diambil dari Buku 道德经 Dao De Jing, yang ditafsirkan oleh Dr.I.D.Lika MSc.