道德经 Dao De Jing, Bab 42
以为教父
(YI WEI JIAO FU)
SEBAGAI AWAL AJARAN DAO
Kalimat Asal :
道生一, 一生二, 二生三, 三生万物。万物负阴而 抱阳, 冲气以为和。
(Dao Sheng Yi, Yi Sheng Er, Er Sheng San, San Sheng Wan Wu. Wan Wu Fu Yin Er Bao Yang, Chong Qi Yi Wei He.)
人之所恶, 唯孤, 寡, 不穀, 而王公以为称。故物 或损之而益, 或益之而损。人之所教, 我亦教之。“强梁者不得其死”, 吾将以为教父。
(Ren Zhi Suo E, Wei Gu, Gua, Bu Gu, Er Wang Gong Yi Wei Cheng. Gu Wu Huo Sun Zhi Er Yi, Huo Yi Zhi Er Sun. Ren Zhi Suo Jiao, Wo Yi Jiao Zhi. “Jiang Liang Zhe Bu De Qi Si”, Wu Jiang Yi Wei Jiao Fu.)
Terjemahan :
DAO menciptakan SATU, SATU melahirkan DUA, DUA melahirkan TIGA, TIGA melahirkan PULUHAN RIBU makhluk. Puluhan ribu makhluk itu semuanya memanggul YIN dan menggendong YANG, YIN dan YANG saling berhubungan menjadi harmonisasi kehidupan.
Memang, yang sangat dijauhi oleh manusia adalah “GU / KESENDIRIAN tanpa kawan“, “GUA / KESEPIAN tanpa pasangan“, “BU GU / TIDAK MULUS SEMPURNA“, namun istilah-istilah itu justru dipakai oleh para raja untuk menyebutkan posisi dirinya. Karena itu, semua yang ada di dunia ini kalau ada KEJELEKANNYA pasti ada KEBAIKANNYA, kalau ada KEUNTUNGANNYA pasti ada KERUGIANNYA. Satu ajaran kuno yang juga ingin SAYA (Nabi Lao Zi) berikan sebagai renungan bersama adalah : “Orang yang bersifat arogan dan berbuat kejahatan secara sewenang-wenang pasti akan menemui ajalnya secara menyedihkan !” Nasihat ini sebaiknya digunakan sebagai pelajaran awal dalam Ajaran TAO.
Penjelasan :
Di sini, Nabi Lao Zi menggunakan angka SATU, DUA, TIGA, dan PULUHAN RIBU untuk menjelaskan proses DAO menciptakan alam semesta berikut semua yang ada di dalamnya ! SATU dipakai untuk menunjukkan “YANG ABSOLUT”, yang berarti hanya satu tidak ada lain yang yang bisa menandingi-NYA. Itulah “WU JI / 无 极” atau DAO itu sendiri ! DUA dipakai untuk menunjukkan YIN dan YANG, yaitu “TAI JI / 太 极” ! TIGA dipakai untuk menunjukkan TIAN / 夫 (Langit), DI / 地 (Bumi), dan REN / 人 (Manusia). Selanjutnya, diciptakan juga puluhan ribu makhluk hidup lainnya.
Semua makhluk ciptaan DAO selalu mengandung YIN dan YANG. Hanya kalau terjadi hubungan “YIN” dan “YANG yang harmonis, yakni ketika dalam “YIN” terdapat “YANG” dan di dalam “YANG” terkandung “YIN”, semua makhluk bisa saling bereaksi dan berubah melahirkan KEHIDUPAN.
Hal yang paling tidak disukai oleh orang awam adalah ditinggal sendiri oleh orang lain, kesepian ditinggalkan pasangan, atau di anggap tidak bijaksana/sempurna ! Namun, para penguasa/raja yang bijaksana justru sering menggunakan istilah “GU WANG / 孤 王 (Raja yang kesepian)“, “GUA REN / 孤 人 (Manusia yang kesepian)“, dan “BU GUT / 不 穀 (Orang yang kurang sempurna)” untuk menyebut dirinya dengan rendah hati. Perbuatan seperti itu justru akan mendapat rasa hormat dan cinta dari rakyatnya.
Dari contoh yang sederhana itu, seharusnya kita bisa menyadari bahwa di belakang hal-hal yang kelihatannya merugikan justru sering kali tersembunyi hal-hal yang paling menguntungkan. Sebaliknya, di belakang hal-hal yang kelihatannya mengandung kebaikan justru tersembunyi hal-hal yang penuh kejahatan ! Memahami sifat “YIN” dan “YANG” seperti ini akan sangat membantu kita untuk bisa menjadi manusia yang bijaksana.
Semua hal di atas merupakan nasihat atau ajaran-ajaran yang sudah sangat tua usianya. Dalam setiap perbuatan yang kita lakukan, sebagai manusia seharusnya kita bisa selalu berpedoman pada Ajaran DAO karena “Sifat yang keras, arogan, dan tidak pernah mawas diri atau semena-mena melakukan kejahatan pasti akan berakhir dengan nasib yang sangat menyedihkan” !
“Kalau bisa bekerja sama, gunung pun akan memberikan mustika ! Kalau bisa bersatupadu, tanah pun akan berubah menjadi emas !”
Diambil dari Buku 道德经 Dao De Jing, yang ditafsirkan oleh Dr.I.D.Lika MSc.