道德经 Dao De Jing, Bab 45
清静自然
(QING JING ZI RAN)
HENING BENING ALAMIAH
Kalimat Asal :
大成若缺, 其用不弊。大盈若冲, 其用不穷。大 直若屈。大巧若拙, 大辩若讷。躁胜寒, 静胜热, 清静为天下正。
(Da Cheng Ruo Que, Qi Yong Bu Bi. Da Ying Ruo Chong, Qi Yong Bu Qiong. Da Zhi Ruo Qu. Da Qiao Ruo Zhuo. Da Pian Ruo Ne. Zao Sheng Han, Jing Sheng Re, Qing Jing Wei Tian Xia Zheng.)
Terjemahan :
Sebuah keberhasilan besar yang sepertinya masih berkekurangan, manfaatnya tidak akan merugikan. Sesuatu yang sudah penuh berisi namun sepertinya masih kosong lapang bagaikan lembah sebuah pegunungan, daya kekuatannya tidak akan ada habisnya. Sifat batin yang lurus seperti penuh kebengkokan. Sangat cerdik sepertinya sangat bodoh. Pandai berdebat sepertinya gagu dalam bicara. Bergerak/olahraga bisa mengatasi rasa dingin. Diam dalam ketenangan dapat mengatasi rasa kepanasan. Hening bening tanpa pamrih akan memberikan kedamaian dan keharmonisan di dunia.
Penjelasan :
Dalam bab ini, Nabi Lao Zi berusaha menjelaskan tentang KARAKTER MANUSIA yang mulia. Dikatakan bahwa orang yang sangat berhasil dalam perjalanan hidupnya biasanya selalu rendah hati. Dikarenakan sikap itulah orang awam menganggap mereka sepertinya masih kurang sempurna sehingga seolah-olah masih ada kekurangan di sana-sini. Dan, karenanya, orang yang sudah mencapai tahapan seperti ini, kelihatannya saja seperti berkekurangan, namun sesungguhnya selalu memberikan manfaat yang tiada habis kepada masyarakat di sekelilingnya.
Orang yang penuh berisi biasanya justru terlihat kosong seperti tidak punya apa-apa, namun orang lain selalu merasa membutuhkan dirinya, sumbangsihnya terasa sekali menyumber terus menerus tanpa ada akhir. Orang yang berhati lurus biasanya berbudi mulia dan lapang dada sehingga bisa menampung segala masalah yang dibebankan kepadanya. Oleh karena itu, mereka sering terkesan seolah-olah mudah dihina dan direndahkan orang lain. Orang yang sangat pandai justru sering terlihat sangat bodoh karena daya pikirnya yang sudah sangat jauh ke depan melebihi daya pikir oleh orang lain di zamannya sehingga justru tidak bisa dimengerti orang-orang di sekitarnya dan dianggap bodoh karena tidak sesuai zaman. Orang yang telah mengerti dan memahami DAO seharusnya pandai berdebat dalam diskusi, namun sering justru hanya bisa mengerti dan menyadari DAO dalam sanubarinya saja, tanpa bisa mengucapkannya dalam kata-kata sehingga seolah-olah malah seperti orang yang gagu. Bahkan, kadang-kadang kalau mereka terpaksa mengutarakan pendapatnya dalam suatu diskusi, tidak jarang orang lain malah tidak bisa menjangkau dan mengerti apa yang sedang dibicarakannya.
Dalam keadaan cuaca yang dingin, bergerak/berolahraga dapat mempertahankan kehangatan tubuh. Sebaliknya, dalam cuaca yang panas, berdiam diri akan terasa jauh lebih sejuk. Ada pepatah yang mengungkapkan “心 静 自 然 凉” (XIN JING ZI RAN LIANG = Batin yang tenang akan mendinginkan suasana yang berarti bahwa pada saat orang sedang emosi/bingung/kacau/ stres, suasana hati biasanya terasa gerah. Kalau bisa diam dan menenangkan pikiran, akan terasa perasaan yang tenang dan menyejukkan. Kalau semua orang bisa selalu mempertahankan sifat batin yang tenang dengan selalu memupuk sifat rendah hati, lapang dada, jujur dan setia kawan, tidak suka pamer/menonjolkan diri, dunia akan lebih damai dan harmonis.Dari semua hal di atas, dapat dimengerti bahwa INTI MAKNA ajaran Nabi Lao Zi bukannya pasif kosong negatif begitu saja, melainkan sangat aktif dan positif penuh isi ! Misalnya, anjuran 无 为 而 无 不 为 / WU WEI ER WU BU WEI (tidak berbuat namun tidak tidak berbuat). Anjuran ini jelas menunjukkan bahwa WU WEI bukannya malas-malasan tanpa berbuat apa-apa begitu saja. Seperti BUAH, WU WEI hanya kulit luar buahnya, sedangkan isi buah yang sesungguhnya adalah WU BU WEI, yaitu karakter yang selalu berbuat kebajikan tanpa pamrih. Jadi, semua istilah SEDERHANA/KELIHATAN MASIH ADA KEKURANGAN/KELIHATAN BODOH DAN LUGU/KELIHATAN GAMPANG DIPERMAINKAN/KELIHATAN GAGU, dan sebagainya hanyalah salah satu kesan luar dari orang XIU TAO yang sudah betul-betul mengerti inti makna dari “sifat rendah hati” dan “sikap merendah” yang sesungguhnya. Semua itu merupakan cara yang baik untuk tidak menonjolkan diri dan sekaligus melindungi diri dari masalah-masalah yang tidak diinginkan !
Nabi Lao Zi menganjurkan umat manusia untuk mencontoh “AIR” yang lembut tanpa ambisi apa pun. Namun, tidak berarti kita harus pasrah begitu saja ditindas oleh siapa pun. Kandungan artinya sangat mulia, yaitu menganjurkan umat manusia untuk bersikap sebijak mungkin supaya semua orang menjadi segan dan menghormatinya serta selalu membutuhkan kehadirannya. Dengan demikian, pasti tidak akan ada seorang pun yang ingin menyaingi apalagi berebut pengaruh dari dirinya.
Diambil dari Buku 道德经 Dao De Jing, yang ditafsirkan oleh Dr.I.D.Lika MSc.