Keahlian Khusus Yang Dimiliki Oleh Penganut Agama Tao

Beberapa Tokoh Besar Agama Tao
January 16, 2016
Jenis dan Ragam Hu dalam Tao Taoism
January 16, 2016

Keahlian Khusus Yang Dimiliki Oleh Penganut Agama Tao

Oleh: DR. I Djaja L Msc.


Dalam perkembangannya yang sesuai dengan kemajuan jaman, banyak kelompok Umat TAO (道) yang mengembangkan keahlian mereka berdasarkan ketertarikan mereka terhadap suatu kegiatan tertentu yang menurut kelompoknya adalah yang terpenting bagi mereka.

Kelompok keahlian khusus ini secara garis besar bisa dibedakan antara lain:

  • Aliran kesehatan dan obat-obatan (Dan Ting Men)
    Kelompok ini pada jaman dahulu cenderung mengkhususkan diri untuk mengembangkan cara-cara pengobatan demi kesehatan manusia, dan meneliti tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat, sehingga akhirnya lahirlah ahli pengobatan tionghoa serta ahli obat-obatan yang jempolan, salah satunya adalah Hua Duo (Dewanya Tabib di Tiongkok kuno).
  • Aliran kesehatan pernapasan (Qi Gong Men)
    Kelompok ini lebih mengkhususkan diri untuk melatih cara pernapasan yang digabungkan dengan cara olah jasmani, sehingga mereka mengklaim bisa mengobati beberapa penyakit hanya menggunakan aliran Qi dengan teknik-teknik tertentu yang telah dikembangkan sejak jaman dahulu.
  • Aliran meditasi (Qing Co Men)
    Kelompok ini pada jaman dahulu mengkhususkan diri untuk bersemedi melatih sukma, namun diakui merupakan sebuah latihan yang sangat sulit dan berliku-liku prosesnya, sehingga sekarang ini banyak yang mengaku bisa meditasi, namun sebetulnya cuma bisa duduk diam dan bingung sendiri. Padahal latihan meditasi adalah sebuah proses untuk melatih diri yang mumpuni, dimana hasilnya akan sangat menakjubkan, karena itu harus dilatih secara benar dan tabah.
  • Aliran filsafat (Xuan Li Men)
    Kelompok ini lebih menekankan tentang meneliti ilmu pengetahuan filsafat dan kedewaan yang sangat dalam pengertiannya. Dari merekalah lahir bermacam-macam buku tentang filsafat dan buku tentang kedewaan.
  • Aliran bela diri (Wu Gong Men)
    Kelompok ini mengkhususkan diri untuk berlatih cara-cara bela diri yang paling efektif dan sekaligus untuk olah raga yang paling efisien. Akhirnya lahirlah banyak seni bela diri, misalnya Seni Bela diri Dai Chi (Dai Chi Quan), dsb.
  • Aliran akrobatik (Cak Can Men)
    Kelompok ini lebih mengkhususkan diri untuk menekuni ilmu Hong Shui; Peramalan Nasib dan Permainan Sulap / Akrobat; Penulisan dan penggunaan simbol-simbol kegaiban (HU), dsb.
Please Share Us :

Comments are closed.