A B G
January 25, 2016
Antara Dongeng dan Akal Sehat
January 25, 2016

Agama Tao Menuju Era Baru

Agama Tao Menuju Era Baru

Oleh: Taoyu Surabaya

Apa yang dimaksud Era Baru? Era Baru adalah Jaman Baru. Mulai tahun 2001 kita masuk era baru yaitu era milenium ke-3. Karena tahunnya disebut era baru maka apa saja yang ada di dunia memasuki era baru.

Orang-orang tidak mau ketinggalan jaman maka persaingan kita semakin sengit terjadi dalam bidang apa saja, misalnya dalam bidang persenjataan, ekonomi, budaya, kebudayaan sehari-hari semua mangalami perubahan tidak kecuali agama Tao.

Agama Tao apakah memasuki era baru dengan gaya baru? Jawabannya sudah pasti YA. Ia sedang dengan gaya barunya memandu menuju selangkah lebih maju menuju kesempurnaan.

Dengan asas alamiah (Ce Ran) yang dominan, dari pertama-tama takut kekuatan alam tidak bisa dimengerti berubah menjadi mengerti dan akhirnya mampu menundukkan alam dan mengubahnya. Sikap ini mau tidak mau sudah banyak memberikan kontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

Permintaan masyarakat keadaan yang lebih maju membuat pandangan makin berubah. Dari asal sembah-sembah yang tidak masuk akal dan ketahyulan, berubah mengiring yang aneh-aneh itu dijadikan teologi untuk diriset dan diselidiki. Karena selalu diselidiki maka boleh dikata hal tersebut sudah menjadi ilmu pasti.

Sebetulnya ilmu pasti masih terdapat soal-soal yang belum terpecahkan dan dapat dikatakan masih berbau misteri dan religius.

Mengikis habis ketahyulan dan memupuk kepercayaan yang benar dan mendirikan kebenaran, bukan lagi slogan dalam era baru melainkan suatu yang kita jalani.

Karena umat jaman sekarang lebih banyak yang terdidik ditambah peningkatan kesadaran dan mau mencari dimensi yang tertinggi dalam batin. Disitu timbul ideologi-ideologi yang melangkahi jaman dan akan mendorong kita maju terus.

Agama Tao adalah agama yang konkret, selalu berusaha agar umatnya maju terus, memperbaiki kehidupan sehari-hari menuju kesempurnaan. Slogan yang digunakan adalah : “Hari esok harus lebih baik dari sekarang”.

Siu Sin Yang Sin sebagai pedoman untuk memperbaiki fisik dan mental mengubah pandangan individu yang sempit menjadi menyebarluaskan Tao, mengajak semua orang untuk belajar Tao. Sampai semua orang sehat jasmani dan rohani, juga saling membantu.

Umat Tao bagaimana caranya masuk era baru?

Sudah tentu harus pandai memilih dan bersikap positif, sebisa mungkin menyebarluaskan Tao dengan menggunakan sarana yang ada agar hidup lebih berarti.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + seven =