Kung Tek Air
January 25, 2016
Memilih Kejujuran atau Kebenaran?
January 25, 2016

Makan Yang Sehat Juga Termasuk Siu Tao

Makan Yang Sehat Juga Termasuk Siu Tao

Oleh: Wu Sin

Salah satu tujuan Siu Tao adalah melatih fisik kita supaya tetap sehat. Tapi ada satu hal yang tak kalah pentingnya adalah makan yang sehat.

Dari jaman dulu, umat TAO sudah berusaha mencari jawaban bagaimana bisa menemukan ‘ilmu makan yang sehat’ sehingga ada pengalaman yang mengatakan: Kalau mau umur panjang, waktu makan cukup setengah kenyang saja (tidak boleh terlalu kenyang), belum lagi resep-resep masakan kuno yang katanya berkhasiat dan sebagainya, itu semua ditemukan untuk menjaga kondisi badan supaya tetap sehat.

Lalu bagaimana tanggapan ahli kesehatan modern tentang makanan yang sehat itu?

Makan yang sehat harus :

  1. Makan jangan berlebihan sebaiknya cukup 1500 – 2000 kalori sehari, atau disesuaikan kondisi tertentu yang dihadapi.
  2. Variasi makanan harus senantiasa diusahakan selengkap mungkin, karena dengan hanya makan semacam makanan saja akan membuat tubuh kita kekurangan nutrisi-nutrisi tertentu secara kronis, sehingga akan mengganggu keseimbangan internal bagian tubuh kita.
  3. Hendaknya diperhatikan perbandingan unsur-unsur yang ada dalam makanan itu. Perbanyak makan sayur, buah, dan protein. Kurangi lemak / minyak dan gula. Dengan memperbanyak makan sayur dan buah berarti suplementasi berbagai vitamin dan mineral serta anti oksidan alami bagi tubuh cukup memadai. Sebaliknya dengan mengurangi jumlah lemak berarti menjaga dan membatasi kandungan kolesterol dan trigliserida dalam darah. Sedangkan mengurangi gula berarti menghindari oksidasi glukosa yang berlebihan sehingga dapat menghindari produksi radikal bebas oksigen dan mencegah terbentuknya AGEs (advance glycation end products), dua hal ini sangat merugikan kesehatan kita.

Nah demikianlah pandangan beberapa ahli tentang makan yang sehat jaman sekarang, mudah-mudahan semua Tao Yu dapat melakukan kebiasaan yang sehat untuk menunjang kesehatan tubuh masing-masing supaya lebih segar dan bugar.

Salam Tao.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =