Kualitas Pribadi
January 25, 2016
Makan Yang Sehat Juga Termasuk Siu Tao
January 25, 2016

Kung Tek Air

Kung Tek Air

Kung Tek Air ??? Hmm apa yah maksudnya judul ini?

Judul ini saya dapat di warung nasi pada saat makan.

Kejadiannya begini, ada seorang laki-laki lagi makan dengan lauk pauk yang enak dan mahal, mungkin dalam pikirannya dia.. pada saat itu dunia miliknya hehehe karena makanan yang lezat.

Roman mukanya mencerminkan orang yang baik… tiba-tiba saja ada seorang pengemis yang masuk ke warung itu (kaki 5), dan meminta belas kasihan, sang laki-laki tersebut sedang enak-enaknya makan..lalu marah marah…dan berkata.. “I am sorry no money!”

Hmm dari sana saya punya pemikiran bercabang.. mungkin sang laki-laki itu tidak punya uang kecil? mungkin sang laki-laki itu “pamali” (pantangan) bila memberi uang pada saat makan? atau mungkin… dan mungkin…

Tapi yang menjadi inti pemikiran saya adalah… bagaimana yah caranya bisa lancar ber Kung Tek kalau seratus rupiah saja susah sekali disumbangkan.

Kung Tek adalah tindakan keluar (menuju orang lain) berupa tindakan amal kebajikan yang kalau bisa sifatnya tanpa pamrih dan tulus. Katanya lagi kalau sudah berniat bikin Kung Tek.. maka itu sudah bukan Kung Tek, dan katanya lagi Kung Tek U Liang.. Kung Tek gak bisa diukur.. yang artinya mungkin.. besarnya Kung Tek tidak bisa diukur dari materi yang dikeluarkan untuk Kung Tek, tenaga yang dikeluarkan untuk Kung Tek… tapi hanya ketulusan dan tanpa pamrihnya yang jadi acuan nilai.

Berdana bagi klenteng? Semua orang TAO bisa… bahkan ada yang bisa nyumbang berjuta-juta untuk klenteng…

Tapi bisakah memberi / menolong pada orang lain misalnya pada saat kita dimintai oleh pengemis gembel seperti cerita tadi? Atau peminta tolong yang lain?

Kung Tek Air… ini dimaksudkan bahwa saya berusaha menyimpan logam seharga satu botol air kemasan (Rp. 1.000,-) setiap hari… untuk kalau ketemu pengemis seperti begitu…ya langsung diberi dan berusaha tidak berpikir.. apakah tiu pengemis palsu atau asli, apakah dia perlu atau tidak… yang jelas pemberian itu kepentingannya untuk diri sendiri. Yaitu berlatih memberi tanpa beban walaupun kecil-kecilan tapi bila terbiasa…mungkin Kung Tek yang lain pun bisa dilakukan seperti itu (tulus dan tanpa pamrih).

Wu dalam Kung Tek?.. mungkin perlu… tapi yang ingin saya tuliskan disini adalah dalam berlatih Kung Tek… tidak perlu melihat ke luar.. lihatlah ke dalam, tidak perlu melihat orang itu perlu atau tidak perlu… yang dipentingkan adalah kita berlatih Kung Tek…

Ada yang mau ikutan Kung Tek Air?

Ditunggu….

Salam TAO

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − three =