Nasehat Untuk Perokok
January 25, 2016
Pacar Ideal Dalam Mimpi
January 25, 2016

Orang Berbudi Luhur Bagaikan Air

Orang Berbudi Luhur Bagaikan Air

Oleh: Liu Wee Sun

Salah satu ajaran Tao adalah supaya kita mempunyai sifat seperti air, hal ini telah diterapkan oleh nenek moyang kita sejak ribuan tahun lalu. Dan saat ini ajaran tersebut telah menyebar luas di mana-mana dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada teori kepimpinan, sistem management, dll.

Ini membuktikan bahwa ajaran Tao meskipun sudah ada sejak ribuan tahun lalu, tetapi terus dapat diterima dan diterapkan dalam kehidupan modern ini. Sifat Tao adalah seperli air, yang dapat diterima kapanpun, dimana saja dan oleh siapapun, hal ini menjadikan Tao yang bersifat universal.

Air mempunyai tiga sifat:

  1. Air dapat memberikan kehidupan kepada siapa saja.
    Seperti air yang memberikan kehidupan kepada siapapun secara adil, orang yang berbudi luhur tidak mengharapkan pamrih untuk sesuatu yang dilakukannya.
  2. Karena lunak, air tidak menentang hal-hal yang menyimpang namun membiarkan semuanya itu berjalan sebagaimana mestinya.
  3. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
    Tempat yang rendah adalah tempat yang diremehkan orang.

Seperti air yang tempatnya di bawah, orang yang berbudi luhur mau bersifat rendah.

Seperti air yang dalam dan jemih, orang yang berbudi luhur tetap diam dan tidak sombong.

Seperti air, orang bijaksana tidak bersaing mencapai tempat yang tinggi, tetapi sebaliknya.

Apapun yang dikatakan orang berbudi luhur, bersifat jujur dan benar, seperti refleksi suatu benda di air. Karena sifatnya yang lemah, air dapat mengambil bentuk apapun, tergantung dari tempatnya. Kalau orang bisa seperti air, dia bisa memperoleh hasil yang spontan. Mungkin air adalah sesuatu di dunia yang paling lunak dan lemah, namun air mampu menembus benda yang keras, kelunakkan dapat mengalahkan kekuatan, dan kehalusan mengalahkan kekerasan.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =