太上感应篇 Thay Shang Gan Ying Pian (10)
10。忠孝友悌, 正己化人, 矜孤恤寡, 敬老怀幼。
(ZHONG XIAO YOU TI. ZHENG JI HUA REN. JIN GU XU GUA. JING LAO HUAI YOU.)
Setia dan berbakti kepada sanak keluarga dan teman baik kita. Merevisi diri sekaligus membuka hati orang lain. Memperhatikan dan menyantuni orang miskin yang lemah tak berdaya. Menghormati yang tua dan mengayomi yang muda.
Keempat kalimat diatas menasehati kita, bahwa KESETIAAN dan BERBAKTI kepada keluarga dan teman baik, harus dijunjung tinggi, karena di dalam AGAMA TAO ada anjuran 忠 孝 之 道 / ZHONG XIAO ZHI DAO (Ajaran kesetiaan dan berbakti yang luhur !), sehingga dalam AGAMA TAO ada golongan DEWA/DEWI yang khusus melambangkan KESETIAAN dan BERBAKTI (忠 孝 神 仙 / ZHONG XIAO SHEN XIAN ).
AGAMA TAO menganggap kalau seseorang tidak punya “Poin amal kebajikan” dalam lingkup BERBAKTI dan KESETIAAN, maka orang ini tidak akan pernah bisa menjadi SHEN-XIAN.
AGAMA TAO mengajarkan kita bahwa : 人 类 平 等, 万 物 一 体, 敬天 爱 民, 互 肋 以 诚 . / REN LEI PING DENG, WAN WU YI TI, JING TIAN AI MIN, HU ZHU YI CHENG = Semua manusia diciptakan dalam bentuk yang sama derajatnya (Tak satupun yang berhak mengklaim dirinya lebih utama dari yang lainnya !), semua yang ada dialam semesta ini ibaratnya satu kesatuan, karena itu harus selalu menghormati TIAN dan menyayangi sesama, selalu harus bisa bekerja sama dalam ketulusan. Itulah sebabnya kita selalu dianjurkan untuk bisa berusaha membina kehidupan bermasyarakat yang harmonis, damai dan sejahtera berdasarkan kesetaraan dan keadilan yang hakiki.
Dalam AGAMA TAO ada ajaran “Tiga 正 / ZHENG“, yaitu : 正 心 / ZHENG XIN (Meluruskan hati nurani !) ; 正 身 / ZHENG SHEN (Meluruskan perilaku !) ; 正 口 / ZHENG KOU (Meluruskan mulut pembicaraan kita !). Karena itu bagi ORANG TAO yang paling mulia adalah KELAPANGAN DADANYA yang didukung dengan KESATUAN ANTARA UCAPAN DAN PERBUATANNYA sehingga TINGKAH LAKUNYA SELALU TULUS DAN MULIA ! Hal inilah yang digunakan untuk memberikan keteladanan dan mempengaruhi orang-orang disekitarnya.
Ada pepatah yang mengatakan bahwa : 己 不 正 不 能 正 人 / JI BU ZHENG BU NENG ZHENG REN (Kalau dirinya tidak benar, pasti tidak bisa mengajari orang lain menjadi benar !), ini menunjukkan bahwa untuk bisa menasehati orang lain menjadi benar, maka dirinya sendiri harus lebih benar dahulu.
Itulah sebabnya dalam AGAMA TAO selalu dipentingkan bahwa : PELAJARAN DARI TINGKAH LAKU JAUH LEBIH PENTING DARI PADA OMONG KOSONG SAJA ( 身 教 重 于 言 教 / SHEN JIAO ZHONG YU YAN JIAO.)
Dalam perilaku yang mulia itu, jelas mencakup tindakan bagaimana kita berusaha selalu memperhatikan dan menolong mereka-mereka yang sedang jatuh dalam kehidupan miskin dan menderita. Juga ditekankan bahwa sebagai manusia, sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk selalu bisa menghormati orang-orang yang lebih tua dari kita, dan selalu berusaha mengayomi orang-orang yang lebih muda dari kita, semua itu merupakan amal kebajikan yang harus kita lakukan secara sungguh-sungguh dan tulus.
Dari buku 太上感应篇 Thay Shang Gan Ying Pian yang diterjemahkan & diulas oleh Dr. I Djaja L Msc