Pengenalan Tao : Apa itu Wu ?
January 24, 2016
Wu Wei Selayang Pandang
January 24, 2016

Wu Wei Dalam Kesederhanaan Pandangan

Wu Wei Dalam Kesederhanaan Pandangan

Oleh: Liem Kien Kok

Begitu banyak artikel mengenai Wu Wei ( ) yang dimuat dalam tulisan-tulisan mengenai Tao (). Maka perkenankan saya mengemukakan pendapat mengenai Wu Wei sebatas pengetahuan dan kemampuan saya yang masih dangkal.

Wu Wei adalah “berbuat” yang seperti “tidak berbuat”. Bertindak yang seakan-akan tanpa tindakan. Yang artinya nanti adalah munculnya hasil tindakan yang hampir tanpa adanya tindakan. Istilah lainnya yang cukup terkenal adalah “efisien dan efektif”.

Lao Zi ( ) mengajarkan mengenai Wu Wei adalah karena Wu Wei sangat menghemat tenaga dengan hasil yang sebaik mungkin.

Mengapa demikian?

Sebenarnya melalui pengamatan yang lebih, mungkin Lao Zi telah dapat melihat dan menarik kesimpulan bahwa segala sesuatu perbuatan yang dilakukan dengan paksaan maka hasilnya menjadi kurang baik. Sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan menjumpai banyak rintangan dan hambatan.

Untuk itulah Wu Wei diajarkan.

Namun Wu Wei tidaklah semudah seperti yang diucapkan, cara melakukan dan kapan dilakukan Wu Wei merupakan seni terseniri, semuanya harus pada saat dan waktu yang tepat.

Dasar dari Wu Wei adalah sebuah pengamatan jeli yang disertai pemikiran yang tepat sehingga dapat menghasilkan hasil yang memuaskan. Karena itulah maka Wu Wei adalah sesuatu hal yang menarik dan memikat.

Sebenarnya Wu Wei didasarkan pada keseimbangan alam. Seperti saat kita mulai menanam padi, maka dipilih waktu pada saat mulai musim hujan, sehingga diharapkan akan mendapatkan hasil yang baik. Sehingga dengan pengamatan dan pemikiran yang tepat maka kita dapat melakukan sesuatu dengan lebih sedikit tindakan namun menghasilkan hasil yang lebih baik.

Untuk mengetahui adanya dukungan alam maka diperlukan pengamatan. Dukungan Alam ada dengan memanfaatkan irama alam yang mempunyai waktunya sendiri. Sebenarnya segalanya mempunyai waktunya sendiri, permasalahannya apakah kita mau mengamati dan membuka diri terhadap alam atau tidak.

Tindakan demikian saya menyebutnya dengan “alamiah”. Artinya sesuai dengan irama alam atau selaras dengan irama alam.

Jika dingin, maka pakai mantel. Pohon yang terlalu tinggi mudah tumbang. Pisau yang terlalu tajam mudah tumpul.

Cara mempelajari dan melatih diri agar dapat Wu Wei adalah kembali kepada diri kita masing-masing.

Semoga ulasan sederhana ini dapat memberikan sedikit pengertian lebih kepada para pembaca semua.

Please Share Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − one =